Warga Berebut Berkah Nasi Ancakan, Tradisi Turun-temurun Trah Sunan Kalijaga

Kompas.com - 11/08/2019, 13:41 WIB
Warga menunggu nasi Ancakan, suguhan Keluarga Besar  Ahli Waris Sunan Kalijaga yang akan diperebutkan dalam Tradisi Ancakan jelang Idul Adha 1440 H, Sabtu (10/8/2019) malam.ARI WIDODO Warga menunggu nasi Ancakan, suguhan Keluarga Besar Ahli Waris Sunan Kalijaga yang akan diperebutkan dalam Tradisi Ancakan jelang Idul Adha 1440 H, Sabtu (10/8/2019) malam.

DEMAK,KOMPAS.com - Dari tahun ke tahun, tradisi ancakan terus digelar oleh ahli waris Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak , Jawa Tengah.

Ancakan atau bancakan adalah istilah masyarakat jawa untuk menyebut prosesi tasyakuran yang dalamnya terdapat suguhan nasi dan lauk khas berupa nasi urap dan ikan asin serta lauk lain. Ancakan sudah menjadi semacam kesepakatan tak tertulis semenjak beberapa abad lalu.

Bertepatan dengan malam 10 Dzulhijjah atau jelang Idul Adha 1440 H, keluarga besar ahli waris Sunan Kalijaga kembali menggelar ancakan, Sabtu (10/8/2019).


Baca juga: Tradisi Roah di Lombok Tengah, Bersyukur dan Kumpulkan Tenaga Usai Shalat Idul Adha

Ribuan orang berjubel menunggu keluarnya hidangan beralas ancak bambu, yakni wadah nasi berbentuk segi empat datar terbuat dari bilah bambu yang dianyam jarang.

Mereka tidak bisa merangsek ke dalam lingkaran ancakan karena Laskar Pangeran Sahid dari Pagar Nusa Demak berjalin tangan membentuk rantai memagari ratusan nasi ancakan yang di tata di atas tikar plastik.

Para pengawal terpilih bertugas mengusung nasi ancakan dari dalam Pendopo Pangeran Wijil V ke halaman.

Edi Mursalin, Ketua Panitia Ancakan menyatakan bahwa tradisi ancakan ini turun temurun diwariskan sejak masa Kasunanan Kalijaga.

"Tahun lalu kami sediakan 400 nasi ancakan, tahun ini 500. Mengingat makin banyaknya masyarakat yang ngalap berkah dari tahun ke tahun," ungkapnya.

Ritual berebut nasi ancakan didahului dengan adegan pencak silat oleh Laskar Pangeran Sahid.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X