[KLARIFIKASI] Foto Formulir Pasien dengan 5 Pilihan Jenis Kelamin

Kompas.com - 10/08/2019, 11:04 WIB
Foto formulir pasien baru di Puskesmas Umbulharjo II yang tertera ada lima jenis kelamin.Facebook: Yuda W Putra Foto formulir pasien baru di Puskesmas Umbulharjo II yang tertera ada lima jenis kelamin.
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan dari media sosial Facebook menampilkan foto formulir pasien baru dari Puskesmas Umbulharjo, Yogyakarta yang di-post pada Kamis (8/8/2019).

Tidak hanya identitas pasien yang tercantum dalam formulir, namun ada lima jenis kelamin yang tertulis, yakni laki-laki, perempuan, intersexed, transgendered, dan transexed.

Menanggapi hal itu, pihak Puskesmas Umbulharjo menjelaskan bahwa formulir itu memang benar dari pihaknya, tetapi tidak untuk pasien baru.


Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, foto formulir pasien baru dengan lima pilihan jenis kelamin diunggah oleh salah satu pengguna Facebook, YWP, pada Kamis (8/8/2019).

Melihat adanya pilihan lima jenis kelamin yang diambilnya dari puskesmas, lantas YWP mempertanyakan hal tersebut di akun Facebooknya.

"Saya kira jenis kelamin itu cuman ada 2 ternyata sekarang ada 5 pilihan," tulis YWP dalam unggahan itu.

Baca juga: Viral Foto Formulir Pasien dengan 5 Pilihan Jenis Kelamin, Ini Penjelasan Lengkapnya

Hingga saat ini, unggahan foto formulir dengan lima jenis kelamin ini telah direspons sebanyak 107 kali dan telah dikomentari sebanyak 101 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Penelusuran Kompas.com:

Mengetahui adanya formulir dengan pilihan 5 jenis kelamin, Kompas.com mengonfirmasi hal itu di Kantor Dinas Kominfo, Yogyakarta.

"Hari Selasa lalu saya periksa. Saya belum pernah pakai BPJS, lalu periksa ke puskesmas," ujar YWP dalam jumpa pers di Kantor Dinas Kominfo, Jumat (9/8/2019).

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X