Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Foto Formulir Pasien dengan 5 Pilihan Jenis Kelamin

Kompas.com - 10/08/2019, 11:04 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan dari media sosial Facebook menampilkan foto formulir pasien baru dari Puskesmas Umbulharjo, Yogyakarta yang di-post pada Kamis (8/8/2019).

Tidak hanya identitas pasien yang tercantum dalam formulir, namun ada lima jenis kelamin yang tertulis, yakni laki-laki, perempuan, intersexed, transgendered, dan transexed.

Menanggapi hal itu, pihak Puskesmas Umbulharjo menjelaskan bahwa formulir itu memang benar dari pihaknya, tetapi tidak untuk pasien baru.

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, foto formulir pasien baru dengan lima pilihan jenis kelamin diunggah oleh salah satu pengguna Facebook, YWP, pada Kamis (8/8/2019).

Melihat adanya pilihan lima jenis kelamin yang diambilnya dari puskesmas, lantas YWP mempertanyakan hal tersebut di akun Facebooknya.

"Saya kira jenis kelamin itu cuman ada 2 ternyata sekarang ada 5 pilihan," tulis YWP dalam unggahan itu.

Baca juga: Viral Foto Formulir Pasien dengan 5 Pilihan Jenis Kelamin, Ini Penjelasan Lengkapnya

Hingga saat ini, unggahan foto formulir dengan lima jenis kelamin ini telah direspons sebanyak 107 kali dan telah dikomentari sebanyak 101 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Penelusuran Kompas.com:

Mengetahui adanya formulir dengan pilihan 5 jenis kelamin, Kompas.com mengonfirmasi hal itu di Kantor Dinas Kominfo, Yogyakarta.

"Hari Selasa lalu saya periksa. Saya belum pernah pakai BPJS, lalu periksa ke puskesmas," ujar YWP dalam jumpa pers di Kantor Dinas Kominfo, Jumat (9/8/2019).

Pada kesempatan itu, YWP mengungkapkan bahwa ketika ia datang ke Puskesmas Umbulharjo II, ia diminta petugas untuk mengisi formulir pasien baru.

Kemudian, YWP memfoto formulir tersebut lantaran dirinya baru memakai BPJS setelah 10 tahun lebih membayar BPJS.

Empat hari setelah itu, YWP mengunggah foto tersebut di akun Facebook-nya dan menyadari ada lima jenis kelamin yang tertera pada formulir. Ia pun mempertanyakan hal tersebut.

"Saya menulis, saya kira jenis kelamin itu ada dua, tapi ternyata sekarang ada lima. Ya hanya ingin tahu yang tiga itu apa? Itu sih, tidak ada niatan lain," ujar YWP.

Tanggapan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Fita Yulia mengungkapkan bahwa formulir yang beredar benar dari salah satu puskesmas di Kota Yogyakarta, tetapi formulir tersebut tidak seharusnya diberikan kepada pasien baru.

"Format formulir untuk pasien baru hanya berisi dua pilihan jenis kelamin, laki-laki dan perempuan. Sementara formulir yang beredar dengan lima jenis kelamin hanya untuk keperluan internal puskesmas," ujar Fita.

Menurutnya, kemungkinan ada kelalaian petugas dalam memberikan formulir kepada pasien baru.

Adapun informasi terkait jenis kelamin tersebut dianggap penting dan diperlukan untuk mengidentifikasi kondisi medis atau diagnosis pasien.

"Ada hal-hal atau info itu yang kami butuhkan untuk kepentingan jajaran kesehatan. Di kesehatan juga ada hal-hal yang tidak boleh di-ekspose. Kami, tenaga kesehatan, pun tidak boleh mengeluarkan karena rahasia pasien," ujar Fita.

Atas kejadian tersebut, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta akan lebih berhati-hati dalam melayani pasien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com