Ini Alasan Lokasi Lahan Ibu Kota Baru di Kalsel Masih Dirahasiakan

Kompas.com - 09/08/2019, 17:41 WIB
Tulisan Presiden Joko Widodo terkait rencana pemindahan ibu kota negara yang diunggah ke akun Instagram resminya, Kamis (8/8/2019). Instagram / Joko WidodoTulisan Presiden Joko Widodo terkait rencana pemindahan ibu kota negara yang diunggah ke akun Instagram resminya, Kamis (8/8/2019).

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Rencana Pemerintah Pusat untuk mengumumkan pemindahan Ibu Kota baru pada Agustus ini disambut antusias Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pemprov Kalsel pun kembali menyatakan kesiapannya jika kelak dipilih menjadi Ibu Kota Baru.

Namun, Pemprov Kalsel belum mau mengumumkan lokasi lahan yang disiapkan untuk menjadi Ibu Kota, karena tak ingin harga tanah di lokasi itu tiba-tiba meroket.

"Kita enggak umumkan dulu. Pengalaman di zaman Pak Harto saat Jonggol ingin dijadikan Ibu Kota, besok harga tanah-tanah di situ langsung melonjak," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel Nurul Fajar, saat dihubungi, Jumat (9/8/2019).


Baca juga: Jika Tak Dipilih Jadi Ibu Kota Baru, Kalsel Tetap Dapat Imbas Ekonomi

Namun, Nurul menjamin lahan yang disiapkan sudah sesuai dengan syarat yang diminta oleh pemerintah pusat.

Lahan yang disiapkan 300.000 hektare

"Jauh-jauh hari kita sudah menyiapkan lahannya, trus kita juga punya infrastruktur yang memadai. Sudah ada lokasinya, tinggal menunggu keputusan Pak Presiden dulu baru diumumkan," ujar Nurul.

Selain menyiapkan lahan, Pemprov Kalsel saat ini juga sudah menyiapkan infrastruktur pendukung lainnya.

Baca juga: Kalsel Siapkan 300.000 Hektare Lahan untuk Jadi Ibu Kota Baru

Nurul mengatakan, Kalsel dalam waktu dekat akan memiliki bandara bertaraf internasional yang tengah dikebut pembangunannya, yakni Bandara Syamsuddin Noor.

Dengan mengerucutnya provinsi yang disebut akan menjadi Ibu Kota baru, Pemrov Kalsel pun makin optimis dipilih oleh Pemerintah Pusat.

"Tanggal berapapun diumumkan pada bulan ini, jika Kalsel terpilih, itu merupakan kado ulang tahun Kalsel," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah sudah memberi bocoran bahwa salah satu Ibu Kota baru berasal dari tiga provinsi di Kalimantan, yaitu Kalteng, Kaltim dan Kalsel.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X