Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Kurban, Sapi "Mike Tyson" yang Dibeli Presiden Jokowi Dicek Kesehatan

Kompas.com - 09/08/2019, 13:25 WIB
Junaedi,
Khairina

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Untuk memastikan kondisi kesehatan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo, staf ahli presiden bersama tim dokter kesehatan hewan dari Dirjen Kementerian Pertanian RI meninjau langsung “Mike Tyson” sebelum dikurbankan, Minggu (9/8/2019) mendatang.

Tim staf presiden yang tiba di Bandara Tampapadang Mamuju langsung mendatangi kandang milik Abdul Rahim di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman.

Dokter hewan kembali mengukur ulang sapi mulai dari tinggi badan, lingkar dada, panjang badan, dan berat badan.

Baca juga: Mike Tyson, Nama Sapi 1 Ton yang Dibeli Jokowi Seharga Rp 85 Juta

Setelah mengecek kondisi sapi, keduanya lalu berbincang-bincang dengan pemilik sapi. Awalnya pemilik sapi menawarkan harga Rp 90 juta, namun ditawar dengan harga Rp 85 juta.

Setelah melakukan negosiasi, kedua pihak pun sepakat dengan harga Rp 85 juta dengan sistem pembayaran non tunai atau transfer.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI Drh Sigit Nurtanto mengatakan, kondisi sapi kurban ini sehat.

Itu dilihat dari ciri-ciri secara klinis seperti lincah, nafsu makan bagus, terus juga moncongnya basah dan telah memenuhi standar.

Bukan baru kali ini Presiden membeli sapi kurban di Polewali Mandar. Sebelumnya, pada tahun 2017 lalu, jokowi juga membeli sapi kurban jenis simental dengan bobot 1,1 ton dari Saeman, peternak asal Dusun Majalengka, Desa Campurjo, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar dengan harga Rp 60 juta.

Sapi bernama Kliwon itu disembelih di Masjid Raya Merdeka, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar.

Baca juga: Ini Penampakan Si Black, Sapi Kurban 1 Ton yang Dibeli Jokowi Seharga Rp 100 Juta

Lalu, pada tahun 2018 lalu, Jokowi juga membeli seekor sapi kurban seharga Rp 67 juta dari seorang peternak lokal bernama Kardiman di Desa Sugihwaras, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar.

Sapi yang diberi nama Bejo ini lalu disembelih di Kabupaten Majene. 

Kepala Bidang Keagamaan Biro Kesra Pemprov Sulbar Abdul Razak mengatakan, setiap tahun Presiden Jokowi selalu membeli sapi kurban di Polman tapi tidak dibawa ke Jakarta, melainkan disembelih di Sulbar, lalu dagingnya dibagi-bagikan kepada warga miskin yang berhak menerima.

Abdul Rahim, pemilik sapi yang mengaku bangga dan senang sapinya dibeli Presiden terus melakukan pengawasan 24 jam termasuk rutin memandikan dan memberi pakan dan vitamin secara rutin.

“Sejak resmi dibeli saya mengawasinya 24 jam karena khawatir jika terjadi sesuatu sebelum saya persembahkan ke Presiden, makanya saya ekstra hari-hati menjaganya,” jelas Abdul Rahim.

Pemilik sapi Abdul Rahim mengatakan, sapi dengan panjang dua meter dan berusia tiga tahun itu diberi nama Mike Tyson.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com