Kilas Daerah Jawa Tengah
KILAS DAERAH

SDM Berkualitas, Jawa Tengah Kembali Raih Penghargaan

Kompas.com - 08/08/2019, 13:13 WIB
Kepala Lembaga Aparatur Negara Republik Indonesia (LAN RI) Adi Suryanto memberikan penghargaan kepada BPSDM Jateng, di Kantor LAN RI, Selasa (6/7/2019).
Dok. Pemprov Jawa Tengah Kepala Lembaga Aparatur Negara Republik Indonesia (LAN RI) Adi Suryanto memberikan penghargaan kepada BPSDM Jateng, di Kantor LAN RI, Selasa (6/7/2019).

KOMPAS.comJawa Tengah (Jateng) seolah banjir prestasi di segala lini, termasuk lembaga pemerintahannya.

Kali ini dibuktikan dengan berhasilnya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng menyabet penghargaan dari Lembaga Aparatur Negara (LAN) Republik Indonesia (RI).

Bahkan, penghargaan tersebut bukanlah kali pertama. Selama tiga tahun berturut-turut, yakni 2017, 2018 dan 2019, BPSDMD Jateng selalu menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

“Ini sudah ketiga kalinya kami mendapatkan penghargaan sebagai lembaga pelatihan pemerintah terbaik nasional. Tentu ini akan menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala BPSDM Jateng M Arief Irwanto, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: 8 Tahun Bersengketa, Ganjar Lega Lahan PRPP Kembali ke Pemprov Jateng

Dengan menyingkirkan sejumlah provinsi besar lain seperti Jawa Barat (Jabar) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kali ini BPSDM Jateng meraih juara satu kategori lembaga pemerintah daerah penyelenggara pelatihan kepemimpinan dan pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS).

“Untuk kategori lembaga pendidikan terbaik, ada lima provinsi yang masuk nominasi penghargaan ini yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Selatan,” kata Arief.

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini penilaian dilihat berdasarkan aspek pemanfaatan teknologi informasi di era revolusi industri 4.0 dengan tema Learning Center for the 4th Industrial Revolution.

“Alhamdulillah Jateng menjadi yang terbaik, dan Jabar serta DIY menduduki juara dua dan tiga,” kata Arief.

Baca juga: Gubernur Jateng Berharap pada ASG 2019

Ia menjelaskan, pemberian penghargaan ini tidak sembarangan. Ada banyak aspek yang dipertimbangkan oleh LAN.

Salah satunya, BPSDMD Jateng dinilai baik dalam pelaksanaan latihan dan pembelajaran berbasis teknologi informasi.

“Termasuk aspek lingkungan di sekitar lembaga pembelajaran. Ada pula penilaian terkait pembelajaran Widyaiswara di dalam kelas dan penilaian lainnya,” tambahnya.

Selain untuk BPSDMD Jateng, Kepala LAN Adi Suryanto, juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan.

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi Ganjar terhadap pendidikan dan pelatihan kepemimpinan bagi calon pegawai negeri sipil di Jawa Tengah.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya