Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Risma Temui Anak-anak Berkebutuhan Khusus yang Disekolahkan ke Liverpool

Kompas.com - 08/08/2019, 06:49 WIB
Ghinan Salman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma menemui anak-anak berkebutuhan khusus, pemain sepak bola U-16, dan delegasi pendidikan Kota Surabaya, yang pernah belajar di Kota Liverpool, Inggris, di Balai Kota Surabaya, Rabu (7/8/2019).

Dalam pertemuan itu, Risma menanyakan kepada siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) itu tentang apa saja yang sudah dipelajari selama mereka berada di Liverpool.

Anak-anak itu pun bergantian menceritakan pengalaman mereka selama menempuh pendidikan di Liverpool.

Salah satu siswi yang memiliku gangguan penglihatan atau tunanetra memperagakan cara berjalan menggunakan tongkat tanpa bantuan orang lain.

Baca juga: Rencana Risma Berangkatkan Supriadi ke Liverpool Terkendala Izin dari Sekolah 

"Di sana, mereka bisa belajar tentang kehidupan. Memang saya paksa untuk belajar keluar karena selama ini mereka bergantung pada orang lain. Mungkin dimulai di sekolah dulu mereka harus mandiri,"  kata Risma di Balai Kota Surabaya, Rabu.

Risma menyampaikan, apa yang sudah dipelajari anak-anak di St Vincent’s School di Liverpool itu dapat diterapkan oleh guru-guru untuk mendidik siswa-siswi ABK di Kota Surabaya menjadi anak yang mandiri.

Sehingga nantinya siswa ABK yang lain juga terlatih seperti mereka.

"St Vincent’s ini sudah berdiri sejak 400 tahun lalu, semua gurunya profesor, itu kenapa kami percayakan anak-anak belajar di sana," ujar Risma.

Baca juga: Risma Berencana Sekolahkan Supriadi, Gelandang Timnas U-16, ke Liverpool

Video ucapan terima kasih

Selain menanyakan pengalaman siswa ABK tersebut, Risma mengumpulkan mereka untuk membuat video ucapan terima kasih kepada Kota Liverpool.

Risma secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Liverpool Anderson, Wakil Wali Kota Gary Millar, Mark Palios dan John Patterson, atas dukungan dan perhatian kepada siswa dan delegasi pendidikan Surabaya selama enam minggu belajar di Kota Liverpool.

"Sebagai Wali Kota Surabaya, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan perhatian Anda yang luar biasa kepada siswa dan guru kami," kata Risma.

Salah satu ABK yang ikut ke Liverpool, Muhammad Hilbram, mengaku mendapat banyak pelajaran selama berada di Liverpool, di antaranya seperti, belajar olahraga, komputer, games, dan keliling kota.

"Senang sekali di sana belajar olahraga sait box, terus belajar komputer, diajak keliling ke museum, taman terus ke mall. Belajar pakai tongkat juga senang banget. Di sana sering main bareng teman-teman baru," kata dia.

Baca juga: Risma: Kamu yang Pinter Main Bolanya, Nanti Aku Kirim ke Liverpool

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com