Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Hanya Rp 205 Ribu, Pin Anggota DPRD Magetan Terbuat dari Emas Imitasi

Kompas.com - 07/08/2019, 16:21 WIB
Sukoco,
Khairina

Tim Redaksi

MAGETAN , KOMPAS.com - Pin anggota DPRD Kabupaten Magetan Jawa Timur periode 2019-2024 dipastikan akan berbeda dengan pin periode sebelumnya.

Anggaran peruntukan pin hanya Rp 205 ribu membuat Sekretaris DPRD Kabupaten Magetan hanya mampu menyediakan pin emas imitasi pada pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024 mendatang.

“Per orang hanya sekitar Rp 205 ribu lah untuk pin itu. Spek-nya nanti seperti semprotan kayak campuran emas sedikit saja nanti biar awet,” ujar Sekretaris DPRD Kabupaten Magetan Joni ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: Pemda Siapkan Pin Emas Rp 198 Juta untuk DPRD Bangka Belitung Terpilih

Joni menambahkan, alasan pin anggota DPRD kali ini terbuat dari emas imitasi, selain anggaran yang minim juga karena terbentur dengan aturan.

Di mana, pin anggota dewan merupakan belanja modal yang  harus dikembalikan setelah tidak menjabat lagi.

Untuk menghindari kesulitan pengembalian pin kepada pemerintah dan menghindari hilangnya pin maka sekretaris dewan memilih materi pin anggota dewan terbuat dari emas imitasi.

”Kalau sudah dipakai kadang-kadang hilang, nariknya juga sulit. Daripada sulit, kita lebih baik beli yang imitasi saja,” tambahnya.

Baca juga: Anggaran Jas dan Pin Emas untuk Pelantikan Anggota DPRD Batam Capai Setengah Miliar

Selain pin, anggota DPRD Magetan nantinya juga akan mendapat jatah pakaian jas, dimana pemerintah daerah menganggarkan 1 buah jas senilai Rp 2 juta.

Pemerintah Kabupaten Magetan menganggarkan kebutuhan jas dan pin anggota DPRD periode tahun 2019-2024 kurang dari Rp 100 juta.

Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Magetan rencananya akan diaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2019.

“Satu orang untuk pakaian itu Rp 2 juta, itu kan sudah ada rinciannya, itu untuk nanti kena PBH, PPN, masih ada beban biaya umum.  Kita dengan pihak ke-3 maunya ke mana kita tidak mengerti, yang penting kita tahu pakaian jadi sekian,” ucapnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com