Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiang Penyangga Keropos, Jembatan II Dompak Ditutup untuk Kendaraan

Kompas.com - 07/08/2019, 15:14 WIB
Hadi Maulana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Sejumlan tiang penyangga Jembatan Sulaiman Badrul Alamsyah atau yang lebih dikenal Jembatan II Dompak Tanjungpinang, mengalami kerusakan dan tidak layak dilalui kendaraan roda empat.

Pasalnya, sejumlah tiang penyangga ditemukan dalam kondisi keropos. Terdapat lubang besar di beberapa tiang penyangga.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, informasi kerusakan jembatan didapat dari sejumlah nelayan Tanjungpinang.

"Untuk sementara Jembatan II Dompak ini ditutup untuk menghindar hal-hal yang tidak diinginkan," kata Ucok saat dihubungi, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: Gara-gara Asmara, Seorang Pemuda Melompat dari Jembatan Mahkota Samarinda

Setelah diperiksa bersama dengan lurah, camat, TNI, Satpol PP, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kepri, ditemukan ada beberapa tiang yang rusak.

Bahkan, menurut Ucok, jika dilihat secara langsung, kerusakannya sangat mengkhawatirkan apabila terus dibiarkan. Berdasarkan kesepatakan bersama, untuk sementara jembatan ini ditutup.

Sejumlan tiang penyanggah Jembatan Sulaiman Badrul Alamsyah atau yang lebih dikenal jembatan II Dompak Tanjungpinang alami kerusakan dan tidak layak dilalui kendaraan roda empat. Pasalnya sejumlah tiang penyangga ditemukan dalam kondisi kropos dan terdapat bolong-bolongan.HADI MAULANA Sejumlan tiang penyanggah Jembatan Sulaiman Badrul Alamsyah atau yang lebih dikenal jembatan II Dompak Tanjungpinang alami kerusakan dan tidak layak dilalui kendaraan roda empat. Pasalnya sejumlah tiang penyangga ditemukan dalam kondisi kropos dan terdapat bolong-bolongan.
Sementara itu, dari hasil pemeriksaan bersama Dinas PUPR Provinsi Kepri, nantinya akan didatangkan tim dari Jakarta untuk menghitung nilai secara teknis, apakah jembatan masih layak untuk dilewati atau dilanjutkan ditutup.

"Kalau kita lihat tadi, bagian tiang penyangganya sudah sangat-sangat mengkhawatirkan," kata Ucok.

Menurut Ucok, langkah penutupan ini untuk menjaga keselamatan warga. Saat ini jembatan hanya bisa untuk pejalan kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com