Cerita Enzo, Taruna Akmil Keturunan Perancis, Fasih 4 Bahasa hingga Jago Ngaji

Kompas.com - 07/08/2019, 06:52 WIB
Enzo Zenz Allie, calon Taruna Akademi TNI keturunan Prancis, berbaris menuju tempat upacara pembukaan pendidikan dasar kemitraan Caprabhatar Akademi TNI-Akpol Tahun 2019 di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Selasa (6/8). Tribun Jogja/Rendika FEnzo Zenz Allie, calon Taruna Akademi TNI keturunan Prancis, berbaris menuju tempat upacara pembukaan pendidikan dasar kemitraan Caprabhatar Akademi TNI-Akpol Tahun 2019 di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Selasa (6/8).

KOMPAS.com - Kisah seorang Taruna Akademi TNI tahun 2019 keturunan Perancis bernama Enzo Zenz Allie, menjadi viral.

Ayah Enzo, Jean Paul Francois Allie, merupakan warga negara Perancis dan ibunya, Siti Hajah Tilaria, berasal dari Sumatera Utara. Enzo pindah ke Indonesia setelah ayahnya meninggal dunia. 

Menurut Komandan Jenderal Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, Enzo bukanlah yanng pertama kali menjadi warga keturunan yang menjadi taruna.

Aan menjelaskan, sejauh warga negara Indonesia, semuanya berhak mengikuti seleksi menjadi taruna Akademi TNI.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Pindah ke Indonesia setelah ayah meninggal

Para prajurit TNI Angkatan Darat mengikuti lomba peleton tangkas di Komplek Akmil Magelang, Selasa (9/8/2015).Kompas.com/Ika Fitriana Para prajurit TNI Angkatan Darat mengikuti lomba peleton tangkas di Komplek Akmil Magelang, Selasa (9/8/2015).

Enzo lahir di Perancis dan sempat mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) di sana. Sang ayah meninggal di tahun 2012. Setelah itu, ibunya membawa Enzo pulang kembali ke Indonesia.

Tinggal di Indonesia, Enzo pun bersekolah di SMP dan dilanjutkan dengan pendidikan pesantren di daerah Serang.

Usai lulus pendidikan di sekolah, Enzo berkeinginan untuk menjadi seorang perwira. Ia pun mengikuti seleksi calon Taruna Akademi TNI.

"Iya betul ada calon taruna keturunan. Bapaknya Perancis, ibunya orang Sumatera Utara. Kemudian sejak bapaknya almarhum, dibawa oleh ibunya ke Indonesia dan dimasukkan ke pesantren," ujar Aan, di sela upacara pembukaan pendidikan dasar kemitraan Caprabhatar Akademi TNI-Akpol Tahun 2019 di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Selasa (6/8/2019).

Baca juga: Viral Taruna Keturunan Perancis Masuk Akmil, Pandai Ngaji hingga Kuasai 4 Bahasa

2. Fasih 4 bahasa dan ilmu agama

Ilustrasi buku lama Ilustrasi buku lama

Menurut Aan, Enzo adalah seorang pemuda yang berbakat. Ia dapat menguasai empat bahasa, baik Inggris, Perancis, Jerman hingga Jepang. Pengetahuan agama dan mengajinya pun dinilainya bagus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X