Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapi Milik Sholeh Biasanya Dibeli Presiden, tetapi Kali Ini...

Kompas.com - 06/08/2019, 20:18 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Sudah beberapa tahun terakhir, sapi peliharaan Muhammad Sholeh (54), warga Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur, dibeli oleh presiden untuk dijadikan hewan kurban yang disembelih di Masjid Agung Al Akbar, Surabaya.

Namun untuk tahun ini, belum ada tanda-tanda salah satu sapi peliharaannya bakal kembali dibeli oleh presiden seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kemarin memang sudah sempat disurvei dari Dinas Peternakan. Diperiksa kesehatannya, diukur panjangnya, dan juga ditimbang bobotnya," ujar Rohim, Selasa (6/8/2019).

Rohim merupakan salah seorang perawat sapi di peternakan sapi milik Sholeh di Desa Campurejo. Sementara Sholeh sendiri saat ini sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Baca juga: Lagi, Jokowi Beli Sapi Kurban dari Sulawesi, Ini Penampakannya

Survei tersebut, kata Rohim, sudah dilakukan sejak beberapa minggu lalu oleh perwakilan dari Dinas Peternakan Jawa Timur dan Gresik, sehingga ia belum mengetahui kejelasan sapi ini apakah jadi dibeli oleh presiden seperti sebelum-sebelumnya atau tidak.

"Belum ada kepastian, apakah jadi dibeli atau tidak. Kalau biasanya atau sebelum-sebelumnya itu seminggu menjelang Idul Adha, orangnya (perwakilan Istana) ke sini. Tapi sekarang, hingga hari ini belum ada yang datang untuk memastikan (jadi dibeli)," ucap dia.

Rohim juga mengakui, beberapa sapi yang ada di peternakan milik Sholeh saat ini tidak ada yang memiliki bobot 1 ton lebih. Berbeda dengan sebelumnya, sapi yang biasa dibeli presiden biasanya memiliki bobot lebih dari 1 ton.

"Kalau sekarang memang nggak ada (sapi) yang beratnya 1 ton apalagi lebih, beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kemarin ditimbang itu cuma 9 kuintal berapa kilogram gitu," kata dia.

Selain sering dibeli oleh Presiden Joko Widodo, sapi yang diternak Sholeh di kandang miliknya juga pernah dibeli oleh Susilo Bambang Yudhoyono saat masih menjabat sebagai presiden. Beberapa pejabat daerah seperti Soekarwo yang saat itu masih menjabat sebagai gubernur Jawa Timur juga menjadi langganan Sholeh pada momen Idul Adha.

Kendati belum ada kepastian apakah sapinya bakal kembali dibeli oleh Presiden atau tidak, Rohim mengaku, tetap merawat ekstra 12 sapi jumbo yang siap dijual pada tahun ini. Ia rutin memandikan dan juga menjaga kesehatan sapi-sapi tersebut.

"Total ada 46 sapi yang diternak dan digemukkan di sini. Tapi hanya 12 sapi yang dijual untuk tahun ini, dengan tujuh sapi di antaranya sudah terjual atau sudah dipesan orang," tutur dia.

Baca juga: 4 Fakta Sapi 1 Ton yang Dibeli Jokowi, Diberi Nama Mike Tyson hingga Dirawat Secara Khusus

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com