5 Fakta Bencana Karhutla, Ancaman Jokowi hingga Gubernur Riau Kena ISPA

Kompas.com - 06/08/2019, 16:30 WIB
Tim Fire Emergency Respon Team PT RAPP melakukan pemadaman karhutla di Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, Minggu (4/8/2019). IDONTim Fire Emergency Respon Team PT RAPP melakukan pemadaman karhutla di Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, Minggu (4/8/2019).

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengultimatum akan mencopot jajaran kepolisian dan TNI yang gagal mengatasi kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Sementara itu, menurut Komandan Kodim 0313/Kampar Letkol Inf Aidil Amin, sudah empat hari prajurit TNI melakukan pemadaman di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Namun, api tak kunjung padam dan beberapa anggota justru jatuh sakit akibat kebanyakan menghirup asap dan udara yang tidak sehat.


Hal yang sama juga dialami M Abbas (35) petugas dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat.

Abbas jatuh pingsan saat sedang melakukan upaya pemadaman titik api di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) gambut di kawasan Desa Suak Pangkat, Kecamatan Bubon.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Jokowi ancam copot Pangdam dan Kapolda

Presiden Jokowi saat memberi pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Jokowi saat memberi pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Jokowi mengatakan, dibandingkan 2015 lalu, kondisi kebakaran hutan dan lahan pada tahun ini memang turun 81 persen.

Tetapi, jika dibandingkan dengan 2018, kebakaran hutan dan lahan tahun ini mengalami kenaikan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X