Diduga akibat Lilin Tersenggol, 2 Rumah di Karawang Terbakar

Kompas.com - 06/08/2019, 13:25 WIB
Puing-puing rumah Umi (79) di Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat, yang terbakar pada  Minggu (4/8/2019) malam. Diduga pemicunya akibat lilin yang tersenggol. HANDOUTPuing-puing rumah Umi (79) di Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat, yang terbakar pada Minggu (4/8/2019) malam. Diduga pemicunya akibat lilin yang tersenggol.

KARAWANG, KOMPAS.com - Dua rumah di Karawang terbakar saat terjadi pemadaman listrik dalam dua hari terakhir. Pemicunya lilin yang tersenggol.

"Semua insiden terjadi saat malam hari. Penyebabnya lilin yang tersenggol," kata Kepala UPTD Damkar Karawang, Rohmat, saat ditemui di Kantor Damkar Karawang, Selasa (6/8/2019).

Rohmat mengimbau, masyarakat untuk hati-hati saat menggunakan lilin. Sebab, lilin rentan menyebabkan kebakaran, terlebih jika ditinggal tidur.

"Makanya kami imbau tidak menggunakan lilin karena rentan tersenggol kucing atau tikus. Apalagi kalau ditinggal tidur," kata dia.

Baca juga: Kabut Asap Kebakaran Lahan Ganggu Penerbangan di Kalteng

Untuk menghindari kebakaran saat pemadaman terjadi, Rohmat menyarankan masyarakat menggunakan lampu darurat yang bisa diisi ulang. Sebab, lampu tersebut dinilai lebih aman ketimbang lilin.

"Jadi, sebelum pemadaman terjadi, warga bisa men-charge lampu terlebih dahulu," kata Rohmat.

Rumah semi permanen Umi (79), di Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat, terbakar pada Minggu (4/8/2019) malam. Saat itu, tengah terjadi pemadaman listrik hampir selama 12 jam.

"Rumah habis semua, sisa bagian belakang saja. Semua perabot dan pakaian juga habis," kata Umi.

Umi mengatakan, saat itu ia memasang lilin sebagai untuk menerangi rumahnya. Lilin itu diduga tersenggol hingga jatuh.

Api kemudian membakar karpet dan merambat ke kasur. "Saya kabur diamankan ke rumah tetangga," kata Umi.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X