Fakta Kenangan Mbah Moen, Politik Tak Hanya Kepentingan Sesaat hingga Cintai NKRI

Kompas.com - 06/08/2019, 11:34 WIB
- Indra Akuntono-

KOMPAS.com - Kiai Haji (KH) Maimun Zubair (90) atau akrab disapa Mbah Moen meninggal dunia di Mekkah, saat menunaikan ibadah haji, Selasa (6/8/2019).

Kabar tersebut membuat masyarakay Indonesia kehilangan bapak bangsa yang selalu menjadi panutan dalam ilmu agama maupun membangun bangsa Indonesia.

Seperti diketahui, kiai berkharismatik tersebut sebelum berangkat ke Tanah Suci sempat bertemu dengan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Sabtu (27/7/2019) lalu.

Dalam pertemuan selama dua jam itu, Mbah Moen didampingi putranya Taj Yasin Maimun yang juga menjadi Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Berikut ini sederet fakta lengkap tentang sosok Mbah Moen:

1. Belajar agama sejak muda dari hingga Mekkah

Ketua Majelis Syariah PPP Maimoen Zubair tiba di kantor PPP, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2019).Kompas.com/Fitria Chusna Farisa Ketua Majelis Syariah PPP Maimoen Zubair tiba di kantor PPP, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2019).

Mbah Moen lahir pada 28 Oktober 1928, di Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Ayahnya, Kiai Zubair, adalah seorang alim dan faqih yang merupakan murid dari Syaikh Saíd al-Yamani serta Syaikh Hasan al-Yamani al-Makky.

Dengan latar belakang orangtuanya, Mbah Moen memang dididik untuk mendalami ilmu agama sejak kecil.

Mbah Moen sendiri juga pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, di bawah asuhan Kiai Abdul Karim. Saat itu dirinya juga belajar kepada Kiai Mahrus Ali dan Kiai Marzuki.

Lalu, bersama sahabat dekatnya Kiai Sahal Mahfudh, Mbah Moen berkelana di pondok-pondok pesantren yang ada di Jawa.

Menginjak usia 21 tahun, Mbah Moen memutuskan belajar mengaji ke Mekkah. Di sana, dirinya mendapat bimbingan dari Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki, Syekh al-Imam Hasan al-Masysyath, Sayyid Amin al-Quthbi, Syekh Yasin Isa al-Fadani, Syekh Abdul Qodir al-Mandaly dan beberapa ulama lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X