Harga Buku Rp 1,2 Juta, Siswa MAN Bangkalan Protes dan Lemparkan Buku ke Halaman Sekolah

Kompas.com - 05/08/2019, 18:42 WIB
Siswa melempar buku dalam aksi unjuk rasa di halaman MAN Bangkalan, Madura, Senin (5/8/2019). TRIBUNMADURA/AHMAD FAISOLSiswa melempar buku dalam aksi unjuk rasa di halaman MAN Bangkalan, Madura, Senin (5/8/2019).

KOMPAS.com - Ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri/MAN Bangkalan, Madura, melakukan aksi unjuk rasa di halaman sekolah, aksi itu terjadi menjelang waktu upacara bendera. Senin (5/8/2019) pukul 06.30 WIB.

Aksi yang dilakukan ratusan siswa itu terkait transparansi biaya pendaftaran dan nilai pembelian buku yang dinilai memberatkan siswa dan wali.

Dilansir dari Tribunmadura.com, gerbang sekolah MAN Bangkalan, Madura tertutup dengan penjagaan seorang satpam, ketika unjuk rasa siswa berlangsung.

"Jangan sekarang Mas. Nanti siang saja menemui humas," ungkap seorang guru kepada Tribunmadura.com, ketika hendak memasuki lokasi.

Baca juga: Minta Maaf, Kepala Sekolah yang Tampar Siswa dengan Nasi Kuning

Beberapa jam berselang, beredar video aksi siswa MAN Bangkalan di halaman sekolah yang biasa difungsikan untuk upacara.

Dalam video tersebut, tampak buku-buku berserakan. Bahkan, seorang siswa terekam melempar buku ke tengah tumpukan buku-buku.

Aksi unjuk rasa siswa MAN Bangkalan Madura ini berlansung sekitar 15 menit.

"Mahal guyesss... Mahal guyess," tegas siswi dalam rekaman video aksi tersebut.

Informasi yang dihimpunTribunmadura.com dari beberapa wali siswa, aksi itu merupakan buntut dari ketidakjelasan sejumlah kebijakan sekolah terkait penarikan biaya.

"MAN Bangkalan terkesan mahal, tidak seperti sekolah lainnya. Biaya pendaftaran hingga biaya beli buku, mahal," ungkap seorang wali siswa kelas X kepada Tribunmadura.com, melalui saluran seluler.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X