Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia Tanggung Biaya 2 Peserta Surabaya Marathon yang Meninggal Dunia

Kompas.com - 04/08/2019, 19:14 WIB
Ghinan Salman,
Icha Rastika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya dua peserta Surabaya Marathon 2019, Husnun Nadhor Djuraid (60) dan Oentong P Setiono (55).

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M Fikser menyampaikan, Pemkot Surabaya memastikan telah memberikan perhatian khusus untuk membantu panitia agar kedua jenazah itu bisa kembali ke keluarga.

"Kita berkolaborasi dengan panitia dan kita menghubungi pihak keluarga, kita koordinasi untuk bagaimana jenazah cepat kembali ke pihak keluarga," kata Fikser, Minggu (4/8/2019).

Baca juga: Ini Kata RSUD Dr Soetomo soal Penyebab 2 Peserta Maraton Meninggal

Ia menyampaikan, sebelum tiba di garis finish, kedua pelari itu pingsan.

Kemudian, keduanya ditandu oleh tim medis dan mendapat pertolongan dari tim medis dan sempat dilarikan ke IGD RSU Dr Soetomo Surabaya agar mendapat penanganan lebih lanjut. Namun, nyawanya tidak tertolong.

"BPB dan Linmas langsung ke lokasi IGD RSU Dr Soetomo untuk melakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan panitia serta menghubungi pihak keluarga," ujar dia.

Pria kelahiran Serui ini juga menyampaikan bahwa sebelumnya Pemkot Surabaya telah mem-back-up kegiatan ini dengan menyiapkan semua kebutuhan, seperti petugas medis ataupun ambulans di titik-titik lokasi istirahat.

"Di setiap spot-spot itu kami sudah siapkan petugas medis dan ambulance," kata dia.

Namun, untuk semua biaya administrasi yang ditimbulkan atas kejadian ini, kata Fikser,  akan ditanggung oleh panitia.

Ke depan, Pemkot Surabaya dan panitia akan kembali melakukan evaluasi-evaluasi, terutama terkait kesiapan para pelari sebelum mengikuti event tahunan ini.

"Terutama bagi (kesehatan) para pelari, tetapi memang selama ini verifikasi sudah dilakukan, sebelum mendapatkan nomor peserta," ucap Fikser.

Baca juga: Ini Kata RSUD Dr Soetomo soal Penyebab 2 Peserta Maraton Meninggal

Sementara itu, Ketua Panitia Surabaya Marathon 2019 Fransisca Budiman menyampaikan, dua pelari yang meninggal dunia tersebut telah dipulangkan ke  keluarganya masing-masing.

Ia menambahkan, seluruh biaya serta santunan akan ditanggung oleh pihak panitia penyelenggara Surabaya Marathon 2019.

"Tadi kami mengurus jenazah almarhum sampai dibawa pulang ke rumah duka. Kami juga menanggung semua biayanya juga memberikan santunan di luar asuransi," kata Fransisca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com