Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kalla Resmikan Sekolah Ramah Gempa di Lombok

Kompas.com - 03/08/2019, 17:19 WIB
Idham Khalid,
Krisiandi

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan lima sekolah ramah gempa dan tiga masjid dalam kunjungannya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Peresmian digelar di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) NTB, Sabtu (3/7/2019). 

Dalam sambutannya JK menyebutkan, pemerintah memprioritaskan pembangunan fasilitas sekolah di daerah terdampak bencana. Itu dilakukan agar masyarakat dimana pun bisa mengakses pendidikan dan tak ada generasi muda yang putus sekolah.

“Apabila sekolah-sekolah tidak segera cepat diperbaikii, berarti menunda kesempatan masa depan generasi kita, yang pertama kita atasi adalah tanggap darurat infrastruktur yang khususnya pendidikan,” ungkap Kalla.

Baca juga: Gempa Kembali Guncang Bali, Terasa Sampai Jawa Timur dan Lombok

Kalla menyebutkan, selain fasilitas pendidikan, pemerintah juga mengutamakan fasilitas tempat ibadah, seperti masjid.

“Termasuk juga bantuan lainnya yakni, bantuan masjid yang mengalami kerusakan,” kata JK.

Kalla yang juga Ketua Umum PMI juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PMI NTB yang hingga kini masih membantu dalam menangani bencana gempa Lombok.

“Kita tentu merasa menghargai apa yang telah dilaksanakan PMI NTB ini, sejak awal musibah yang lalu, baik bantuan kesehatan maupun peralatan lainnya, termasuk operasi sampai sekarang PMI masih membagi air bersih,” ungkap JK.

Baca juga: Gempa Hari Ini: 3 Kali Getarkan Bali, Terasa Hingga Jember dan Lombok

Adapun bangunan sekolah yang diresmikan tersebut yakni, SDN 2 Gumantar, Lombok  Utara, SDN 1 Dangiang, Lombok Utara, MTS Nahdlatul Wathan, Gungung Pangsor, Lombok Timur, SDI Obel-Obel Lombok Timur, dan SDI Asyababiyah, Lombik Barat.

Adapun Masjid Masjid yang diresmikan yakni, Masjid Nurul Ansyor Tibuhatapan, Lombok Timur, Masjid Nurul Muttakin, Lombok Utara, dan Majid Nurul Iman di Lombok Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com