Pasca-gempa Banten, Sejumlah Bangunan Dilaporkan Rusak

Kompas.com - 02/08/2019, 21:46 WIB
Pasca gempa magnitudo 7,4 di Provinsi Banten, Jumat (2/8/2019) sejumlah bangunan dilaporkan rusak. Acep NazmudinPasca gempa magnitudo 7,4 di Provinsi Banten, Jumat (2/8/2019) sejumlah bangunan dilaporkan rusak.

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Pasca-gempa bermagnitudo 7,4 yang mengguncang Banten, Jumat (2/8/2019), sejumlah bangunan di Kabupaten Pandeglang dan Lebak dilaporkan rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Deni Kurnia mengatakan, hingga saat ini, pihaknya menerima laporan kerusakan di dua kecamatan.

"Saya terus pantau, dapat laporan dari para camat dan personel BPBD di lapangan, ada laporan rumah roboh di Kecamatan Mandalawangi dan Kecamatan Banjar," kata Deni, kepada Kompas.com, di kantornya, Jumat.

Baca juga: Gempa Banten, BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami

Deni mengatakan, saat ini pihaknya tengah mendata titik-titik yang paling parah terkena dampak gempa.

Fokus pemantauan berada di kawasan pesisir antara lain di Kecamatan Sumur, Panimbang, Pagelaran, Labuan dan Carita.

Baca juga: Gempa Banten, BMKG Revisi Magnitudo dan Kedalaman

Hingga saat ini, kata Deni, masyarakat masih mengungsi ke tempat yang aman di ketinggian.

Dia meminta masyarakat tetap tenang dan bertahan di lokasi pengungsian sambil menunggu perkembangan terkini yang dilaporkan oleh BMKG. 

Selain di Kabupaten Pandeglang, kerusakan juga dilaporkan terjadi di Kabupaten Lebak. Sejumlah bangunan di Kecamatan Rangkasbitung, dilaporkan rusak.

Baca juga: Gempa Banten, Warganet Kangen Sutopo...

Data yang dihimpun, kerusakan bangunan yang terjadi di Kabupaten Lebak antara lain gedung gelanggang olahraga Jaya Baya d Kompleks Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak dan sejumlah rumah di Kelurahan Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung.

Hingga saat ini, Kompas.com masih menghimpun data pasti yang dilaporkan oleh BPBD dan pemerintah daerah Kabupaten Pandeglang dan Lebak.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X