Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Makassar dan TNI AU Bantu Pencarian Kapal Tenggelam KM Pieces di Kalsel

Kompas.com - 02/08/2019, 14:49 WIB
Hendra Cipto,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.comBasarnas Makassar dan TNI Angkatan Udara (AU) membantu melakukan pencarian terhadap Kapal Motor Pieces BT 93 memuat 37 orang tenggelam di sekitar pulau Matasiri Perairan Selatan Makassar.

Kepala Basarnas Makassar, Mustari yang dikonfirmasi, Jumat (2/8/2019) mengatakan, pihaknya tiga hari lalu telah mendapat laporan dari Komandan Kapal Polairud Polda Jawa Tengah bahwa KM Pieces BT 93 tenggelam di Selat Makassar.

Namun setelah diperiksa titik koordinat tenggelamnya kapal di 5° 11’ 00’’ S 116° 31’ 00’’ E, ternyata lebih dekat dengan Batu Licin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Dari situ, kami langsung berkoordinasi dengan Basarnas Banjarmasin, Kalsel.  Basarnas Banjarmasin pun mengerahkan kapal SAR nya untuk mencari lokasi tenggelamnya kapal KM Pieces BT 93 beserta penumpangnya,” katanya.

Baca juga: Kapal Nelayan KM Pieces Tenggelam di Matasiri Kalsel, 4 Tewas, 31 Hilang 

Selain Basarnas Makassar, lanjut Mustari, pihaknya meminta bantuan kepada TNI AU yakni Koopsau II Makassar untuk melakukan pencarian dengan melakukan pemantauan lewat udara.

Namun dari hasil pemantauan udara menggunakan pesawat Boeing A1-7302 Skadron 5 Hasanuddin Makassar milik TNI AU belum membuahkan hasil.

“Pemantauan melalui udara dilakukan, Kamis (1/8/2019). Tapi belum ada tanda-tanda ditemukan. Hari ini, tidak ada pemantauan lewat udara," katanya.

"Namun Basarnas Makassar tetap membantu melakukan pencarian di sekitar Pulau Sulawesi yang namanya pemapelan. Jika pun ada kapal-kapal yang melintas di sekitar Pulau Matasiri di Selat Makassar dan melihat tanda, kami akan kerahkan kapal SAR milik Basarnas Makassar.” 

Baca juga: Korban Tewas Tenggelamnya KM Pieces Dibawa ke Pekalongan, 31 Penumpang Dicari

Sebelumnya telah diberitakan, KM Pieces yang membawa 37 penumpang dilaporkan tenggelam di perairan Matasiri, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tenggelamnya kapal tersebut, baru diketahui hari ini atau Jumat (2/8/2019) atau tiga hari setelah kejadian.

Dari jumlah itu, sebanyak empat penumpang ditemukan meninggal dunia, dua selamat dan 31 lainnya masih dinyatakan hilang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com