Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Tenggelamnya KM Pieces Dibawa ke Pekalongan, 31 Penumpang Dicari

Kompas.com - 02/08/2019, 11:19 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Khairina

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Empat korban tewas tenggelamnya KM Pieces di Perairan Matasiri, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah dievakuasi ke Pekalongan, Jawa Tengah.

"Korban masih 6 orang, 2 selamat dan 4 tewas, saat ini sudah dievakuasi ke Pekalongan," ujar Kepala Pelaksana Harian Basarnas Banjarmasin Endrow, saat dihubungi (2/8/2019).

Menurut Endrow, seluruh penumpang yang terdiri 1 nakhoda, 31 ABK, serta 5 orang siswa praktek juga diketahui berada di dalam kapal.

"Jumlah keseluruhan itu 37 penumpang, termasuk 5 orang siswa praktek. Dari informasi, seluruhnya asal Pekalongan Jawa Tengah," tambah Endrow.

Baca juga: Kapal Nelayan KM Pieces Tenggelam di Matasiri Kalsel, 4 Tewas, 31 Hilang

Saat ini, lanjut Endrow, proses pencarian terus diupayakan oleh Basarnas bersama tim gabungan dari TNI AL dan KSOP Banjarmasin.

Untuk memaksimalkan proses pencarian, sebuah pesawat Boeing 737 yang diterbangkan dari Lanud Makassar juga dikerahkan untuk mencari korban.

"Kami juga sudah menggerakkan 1 unit pesawat udara Boeing 373 dukungan dari Lanud Hasanuddin Makassar," ujar Endrow lagi.

Baca juga: Kapal Tenggelam di Perairan Kupang, 4 Orang Ditemukan, 2 Orang Hilang

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Pieces yang bertolak dari Pekalongan menuju Selat Makassar untuk mencari ikan, dilaporkan tenggelam di Perairan Matasiri, Kalsel.

Kapal baru diketahui 3 hari kemudian karena alat pemancar sinyal bahaya yang berada di dalam kapal diduga rusak.

"Basarnas punya alat atau sistem yang bisa menangkap sinyal bahaya dari kapal, Basarnas tidak bisa menangkap sinyal bahaya tersebut, diduga alat di kapal tersebut rusak," ujar Endrow, Pelaksana Harian Basarnas Banjarmasin saat dihubungi Jumat (2/8/2019) pagi tadi.

Akibat dari kejadian ini, 4 orang dinyatakan tewas dan 2 selamat, sementara 31 penumpang lainnya dinyatakan hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com