Petinju Peraih WBC dan IBF Tak Malu Beralih Profesi Jadi Kuli Bangunan

Kompas.com - 02/08/2019, 07:30 WIB
Rivo Kundimang, pemegang sabuk WBC Asia Youth dan IBF Pan Pacific yang kini jadi kuli bangunan KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEYRivo Kundimang, pemegang sabuk WBC Asia Youth dan IBF Pan Pacific yang kini jadi kuli bangunan

MANADO, KOMPAS.com - Petinju profesional asal Manado, Sulawesi Utara, Rivo Kundimang tak malu beralih profesi menjadi kuli bangunan.

Pria berusia 21 tahun ini rela melakukan hal itu untuk memenuhi kebutuhan keluargannya. Rivo merupakan tulang punggung keuarga.

"Saya sudah berkeluarga, sudah punya istri, jadi harus ada penghasilan yang jelas," ujar Rivo saat diwawancarai Kompas.com di rumahnya, Jalan Pumorow Banjer, Lingkungan III, Manado, Selasa (30/7/2019).

Baca juga: Calon Ibu Kota Baru, Kisah Botol Kaca Penanda Feeling Jokowi di Kalimantan


Bagi Rivo, memiliki penghasilan yang jelas merupakan keharusan. Ia begitu semangat mengumpulkan pundi-pundi uang karena ia tak ingin menyusahkan orang lain.

Menurut Rivo, pengahasilan sebagai kuli bangunan jauh lebih baik dibandingkan honor yang didapatkannya saat di dunia tinju.

Padahal, Rivo merupakan petinju pemegang sabuk WBC Asia Youth dan IBF Pan Pacific kelas Super Light 63,5 Kg, yang terbilang bergengsi. 

"Daripada saya nganggur, jadi kuli bangunan tak masalah. Hasil jelas, tidak seperti honor saat jadi atlet tinju," ungkapnya.

Rivo mengatakan, setelah banting setir menjadi kuli bangunan, sudah banyak proyek pembangunan rumah yang ikut dia kerjakan di Manado.

Salah satunya, Rivo pernah membantu pembangunan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X