Sultan HB X Jamin Pebisnis Rusia Bisa Investasi Berkesinambungan di Yogyakarta

Kompas.com - 01/08/2019, 19:53 WIB
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Hamengku Buwono X (paling kiri) berbicara dalam business forum Indonesia-Rusia yang digelar di Moskow, Rusia, Kamis (1/8/2019). KOMPAS.com/ AMIR SODIKINGubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Hamengku Buwono X (paling kiri) berbicara dalam business forum Indonesia-Rusia yang digelar di Moskow, Rusia, Kamis (1/8/2019).
Penulis Amir Sodikin
|

MOSKOW, KOMPAS.com - Sebuah forum bisnis yang menjembatani pengembangan bisnis antara Indonesia dan Rusia digelar di Moskow, Rusia, Kamis (1/8/2019).

Forum ini dihadiri beberapa pejabat kedua belah pihak dan para pelaku bisnis dari berbagai sektor di Indonesia maupun Rusia.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang menjadi salah satu pembicara utama, dalam kesempatan itu mempromosikan keistimewaan Yogyakarta yang berimplikasi pada jaminan kepastian hukum serta relatif tak berubahnya kebijakan.

"Di Yogyakarta, saya jamin jika mau investasi aman dan berkelanjutan. Karena gubernurnya tidak dipilih melalui pemilu, melainkan ditetapkan tiap 5 tahun oleh Presiden," kata Sultan.


Dampaknya, kebijakan-kebijakan di Yogyakarta relatif tak akan banyak berubah.

"Ada aspek kebijakan dan hukum yang relatif tidak banyak berubah," kata Sultan.

Sultan juga mempromosikan kemudahan untuk memanfaatkan tanah di Yogyakarta untuk kepentingan investasi. Menyangkut masalah tanah, kata Sultan, urusan cukup ke gubernur, bukan pemerintah pusat.

"Sehingga investasi bisa berlangsung terus menerus. Hal ini diharapkan bisa menjadi pertimbangan investor untuk berinvestasi di Yogyakarta," kata Sultan.

Baca juga: Kunjungan ke Tatarstan, Sultan Berharap Yogyakarta Mampu Menjaga Garis Imajiner

Saat ini, Yogyakarta tumbuh pesat, tahun 2018 pertumbuhan ekonomi mencapai 6,5 persen. "Pada dua kuartal 2019, ekonomi Yogyakarta tumbuh 7,5 persen," kata Sultan.

Sultan menjamin, investasi di Yogyakarta sangat mudah. Ketika investor mengajukan permohonan, jika izin lokasi dan izin analisis mengenai dampak lingkungan serta izin untuk mendirikan industri sudah ada di tangan, investor sudah boleh membangun.

Halaman:


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X