Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Pelebaran Jalan Selesai, Jokowi Berharap Kapal Wisata Bisa Memutari Pulau Samosir

Kompas.com - 31/07/2019, 17:49 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan setelah program pelebaran terusan di Tano Ponggol yang mengaitkan antara Pulau Samosir dan Pulau Sumatera selesai, pemerintah akan mengatur agar ke depannya kapal wisata juga bisa memutari Samosir.

"Jalan dan dermaganya sudah siap termasuk ini terusan Tano Ponggol," kata Presiden saat meninjau proyek pembangunan jembatan dan pelebaran Tano Ponggol, Samosir, Sumatera Utara, Rabu (21/7/2019).

Dilansir dari Antaranews.com, Jokowi mengatakan bahwa program tersebut adalah pekerjaan yang besar karena pelebaran yang dilakukan sekitar 80 meter.

Pemerintah telah melakukan berbagai program untuk meningkatkan pariwisata di sekitar Danau Toba, termasuk mempercantik dermaga, membangun water front city atau penataan kawasan tepi danau serta membangun Jembatan Tano Ponggol sebagai ikon wisata.

Baca juga: Ke Samosir, Jokowi Kunjungi Kampung Hukum Siallagan di Kawasan Danau Toba

"Di Tomok (daerah di sekitar Toba) ada beberapa hal yang harus kita kerjakan terutama penataan Tomok sendiri. Di sana ada tiga dermaga yang akan kita kerjakan, kalau dermaganya itu mungkin tahun 2020 karena musti didesain dulu," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Pulau Samosir, Senin (29/1/2019).

Menurut Basuki Hadimuljono, di antara ketiga dermaga tersebut akan dihubungkan dengan pedestrian sehingga orang juga bisa melintas di atas Danau Toba.

Selain itu, ujar dia, ada beberapa pasar yang akan dipindahkan oleh pemda setempat dan ditata menjadi kawasan wisata termasuk pasar souvenir.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga memastikan pembangunan fasilitas pendukung pariwisata kawasan sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, dari unsur atraksi, aksesibilitas, dan amenitas berjalan sesuai yang direncanakan.

Selain itu, dibukanya rute Medan melalui Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, menuju Bandara Internasional London Heathrow oleh Garuda Indonesia, juga dinilai berpotensi mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke kawasan Danau Toba sebagai destinasi unggulan.

Baca juga: Jokowi Minta Kampung Ulos di Samosir Ditata Jadi Destinasi Wisata

"Dengan dibukanya rute tersebut, kini Kota London telah terhubung dengan dua kota besar di Indonesia yaitu Kota Medan dan Denpasar yang ada di Pulau Bali," kata Regional CEO Sumatera Region Garuda Indonesia, Berthon Hutapea di Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/7/2019).

Ia mengatakan rute tersebut merupakan bentuk dukungan untuk mengembangkan wisata yang ada di Sumatera Utara, khususnya kawasan Danau Toba di Kabupaten Samosir.

Selain itu, Bandara Internasional Kualanamu juga dikelola oleh PT Angkasa Pura II karena penerbangan di bandara tersebut merupakan penerbangan terpadat yang berada di wilayah Indonesia bagian barat.

Dengan rute tersebut wisatawan maupun calon penumpang yang akan bepergian ke London dipastikan akan transit melalui Bandara Internasional Kualanamu, walaupun mereka berangkat dari Denpasar maupun Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com