Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Pengemudi Mobil Putih Tersesat ke Pekuburan Tengah Malam Usai Foto Prewedding

Kompas.com - 31/07/2019, 16:51 WIB
Muhlis Al Alawi,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

 

MADIUN, KOMPAS.com - Sebuah foto mobil berwarna putih masuk ke area pekuburan viral di media sosial Facebook.

Foto mobil jenis Daihatsu Xenia itu viral setelah sebuah akun Facebook bernama Taulan Taufiq mem-postingnya  di grup Facebook Paguma (Paguyuban Madiun).

Dalam postingannya, Taulan memberi caption foto "Jika fikiran kosong akan mudah dimasuki syaitan, Kejadian ini mungkin tidak masuk akal. Mobil tengah malam masuk di kuburan". Foto itu diposting pada 29 Juli.

Caption itu mendapat berbagai tanggapan dari netizen. Beberapa netizen mempertanyakan kebenaran kejadian aneh tersebut.

"Tenan opa ora sih iku? Tulisane tengah malam tapi neng foto jelas padang ngarepe mobil iku (Benar nggak sih itu. Tulisannya tengah malam tapi di foto jelas terang di depan mobil," tulis akun Slamet Sutrisno.

Baca juga: Kisah Para Penyintas Bencana Sigi yang Bertahan Hidup dengan Mengolah Lahan Gersang

Untuk mencari tahu kebenaran berita tersebut, Kompas.com menghubungi Kepala Dusun Sawahan, Desa Dagangan, Kabupaten Madiun, Nuroso, Rabu (31/7/2019).

Nuroso membenarkan adanya peristiwa mobil Daihatsu Xenia B 1685 VKN yang masuk ke dalam tempat pemakaman umum Sawahan. Mobil tersebut dikendarai Putut.

"Benar kejadiannya Minggu (28/7/2019) malam dan ditemukan warga Senin (29/7/2019) pagi. Baru sekali ini terjadi di desa kami," kata Nuroso.

Nuroso mengatakan, warga menemukan mobil masuk ka area pekuburan bersama pengemudinya setelah menunaikan shalat subuh. Merasa janggal dengan kondisi itu, warga memberitahukan aparat desa.

Inilah kondisi mobil daihatsu Xenia warna putih yang ditemukan warga nyasar masuk kuburan di Dusun Sawahan, Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Senin ( 29/7/2019) pagi.Dokumentasi Nuroso Inilah kondisi mobil daihatsu Xenia warna putih yang ditemukan warga nyasar masuk kuburan di Dusun Sawahan, Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Senin ( 29/7/2019) pagi.

Foto Prewedding

Saat ditemukan, Putut seperti linglung. Posisi mobilnya masuk ke area kuburan mengenai satu pusara. Sementara pria kesehariannya bertugas sebagai anggota TNI di wilayah Kabupaten Magetan itu duduk bersila di samping mobilnya.

"Saat ditanyai masing lingak-linguk kados tiang bingung (linglung seperti orang bingung). Setelah itu diajak warga ke warung diberikan sarapan dan minuman," kata Nuroso.

Nuroso mengetahui pasti Putut seorang anggota TNI dilihat dari kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu tanda anggota (KTA).

Kepada warga, Putut menceritakan sebelum tersesat masuk kuburan, ia bersama calon istri dan keluarganya mengikuti sesi pemotretan prewedding di Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) di Kabupaten Ngawi, Minggu (28/7/2019) dari siang hingga sore hari.

Setelah selesai sesi pemotretan, Putut mengantar calon istri dan keluarganya pulang ke rumahnya. Putut yang hendak pulang ke rumahnya di Maospati bertemu seorang kakek yang meminta diantar pulang ke rumah.

Baca juga: Viral Kisah Bocah 7 Tahun ke Sekolah Pakai Baju Kotor dan Tanpa Alas Kaki, Ini Faktanya

Pasca kakek misterius naik ke dalam mobil, Putut tak sadarkan diri. Putut baru sadar setelah ditemukan warga dalam kondisi sendirian bersama mobilnya di area kuburan setelah ditegur warga Sawahan.

"Pemuda itu kaget dan baru sadar setelah pagi harinya tiba-tiba berada di dalam (area) kuburan Dusun Sawahan," jelas Nuroso.

Nuroso mengatakan, kejadian itu baru pertama kali terjadi di dusunnya. Padahal pemakaman umum lokasinya dilengkap dengan lampu penerangan dan tidak memiliki riwayat cerita menyeramkan.

Setelah ditanyai asal usulnya, warga menghubungi keluarga Putut untuk menjemputnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com