Kejari Kembalikan Berkas Kasus Wanita Bawa Anjing Masuk Masjid

Kompas.com - 31/07/2019, 11:36 WIB
Seorang wanita berkacamata hitam diperika Polres Bogor setelah aksinya membawa anjing masuk masjid viral di Twitter. Dokumentasi Polres BogorSeorang wanita berkacamata hitam diperika Polres Bogor setelah aksinya membawa anjing masuk masjid viral di Twitter.

KOMPAS.com - Polres Bogor, Jawa Barat memperbaiki berkas kasus dugaan penistaan agama SM (52), wanita yang membawa anjing masuk ke Masjid Al Munawaroh Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Hal itu dilakukan setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor mengembalikannya pada 24 Juli 2019.

"Saat ini berkas masih dilakukan penelitian, sehubungan adanya pengembalian berkas (P18, P19) pada 24 Juli 2019 kepada penyidik. Terdapat kekurangan yang harus dilengkapi terlebih dahulu oleh penyidik," ujar Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena kepada Antara di Cibinong, Bogor, Rabu (31/7/2019).

Baca juga: Kondisi Terkini Wanita yang Bawa Anjing Masuk Masjid di Rumah Sakit Jiwa

Berkas perkara bernomor BP/72/VII/2019/RESKRIM itu sebelumnya diserahkan tanggal 11 Juli 2019 ke Kejari Kabupaten Bogor oleh penyidik.

Pengembalian berkas ini menuai reaksi dari Forum Umat Islam (FUI) Bogor Raya. Sekretaris Jenderal FUI Bogor Raya, Muhammad Al Khaththath meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor mengeluarkan fatwa terkait kasus penistaan agama yang dilakukan oleh SM.

"Memang lazimnya fatwa MUI diperlukan oleh pihak kepolisian, pengadilan bahkan kejaksaan seperti kasus Ahok. Jadi dari awal memang laporan seolah-olah tidak diterima oleh Mabes Polri,” kata Al Khaththath.

Baca juga: Wanita Bawa Anjing Masuk Masjid Dipindah ke Sel Tahanan Polres Bogor

Menanggapi hal itu, Ketua MUI Kabupaten Bogor, Ahmad Mukri Aji mengaku akan merumuskan fatwa terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan SM (52).

"Nanti kita ada rapat komisi fatwa internal, janji kita tadi itu atas masukan (dari FUI Bogor Raya)," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, SM dikenakan Pasal 156a tentang penistaan agama setelah aksinya viral di media sosial Twitter.

Wanita paruh baya ini viral lantaran membawa anjing dan menggunakan alas kaki saat memasuki Masjid Al Munawarah, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dia mempertanyakan suaminya yang dinikahkan di masjid tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X