Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Bikin Dubes AS Terpukau Saat Berwisata ke Tanjung Puting

Kompas.com - 31/07/2019, 11:00 WIB
Kontributor Pangkalan Bun, Nugroho Budi Baskoro,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, H E Joseph R Donovan Jr bersama istrinya, Mei Chou Donovan, mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, pada 23-26 Juli 2019.

Kunjungan pribadi orang nomor satu yang mewakili AS di Indonesia ini tanpa pengawalan mencolok.

"Saya dan istri ingin benar-benar menikmati suasana alam, membaur bersama wisatawan lainnya, dan melihat langsung orangutan di habitatnya tanpa ada seremonial dan sambutan formal," ujar Donovan.

Donovan berada selama 3 hari 2 malam di Taman Nasional yang dijuluki sebagai ibukota orangutan dunia ini.

Salah satu agena perjalanannya, Donovan menyaksikan pemberian makanan tambahan orangutan (supplementary orangutan feeding) di feeding station tiap camp dalam taman nasional itu.

Baca juga: Jokowi Tata 28 Destinasi Wisata di Kawasan Danau Toba agar Lebih Berkelas

Donovan dan istri juga ikut trekking di hutan hujan tropis Kalimantan.

Kemudian, menginap di kapal kelotok, dan susur Sungai Sekonyer untuk menikmati pemandangan dan beragam satwa liar di sekitarnya.

Menurut sang Dubes yang sudah bertugas 2,5 tahun di Indonesia ini, Sungai Sekonyer di Tanjung Puting adalah salah satu sungai paling bersih dari sampah dibanding tempat lain di Nusantara.

Ia juga mengaggumi sosok Birute Mary Galdikas, pakar orangutan dan conservasionist yang kiprahnya turut mempopulerkan Tanjung Puting.

"Menyaksikan langsung orangutan di alamnya tentu sangat istimewa, karena orangutan adalah satu - satunya kera besar dunia yang ada di luar benua Afrika. Kami sudah sejak lama ingin berkunjung kemari, tapi baru kali ini kami dapat mewujudkannya. Taman Nasional Tanjung Puting dan Sungai Sekonyer ini luar biasa indah," ungkap Donovan.

Mickey Juanda, pemandu wisata yang memimpin kunjungan pribadi diplomat senior Negeri Paman Sam ini mengatakan, kunjungan Donovan ini adalah sebuah kehormatan dan dukungan luar biasa untuk kegiatan pariwisata di Taman Nasional Tanjung Puting.

"Lewat kesempatan ini, kami membuktikan bahwa Tanjung Puting sangat aman untuk dikunjungi, dan kami mampu untuk menangani kunjungan kelas VVIP dengan sangat baik, dari sisi pelayanan dan keamanan," kata Mickey.

Mickey juga merasa bangga bisa menjadi pemandu tur ini, setelah pada 2014 silam ia juga menangani langsung kunjungan Bill Clinton, Presiden ke-42 Amerika Serikat ke Taman Nasional Tanjung Puting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com