Risma: Surabaya Menunggu 20 Tahun Terbebas Masalah Sampah...

Kompas.com - 31/07/2019, 06:15 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini KOMPAS.com/GHINAN SALMANWali Kota Surabaya Tri Rismaharini

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma mengatakan bahwa permasalahan pengelolaan sampah di DKI Jakarta tidak terlampau sulit untuk diatasi dengan cepat.

Terlebih, kata Risma, DKI Jakarta memiliki anggaran melimpah yang dialokasikan hanya untuk pengolaan sampah.

Jika di Surabaya anggaran pengelolaan sampah hanya dianggarkan Rp 30 miliar, Jakarta memiliki anggaran Rp 3,7 triliun untuk pengelolaan sampah.

"Terus terang kalau (mengatasi masalah sampah) di Jakarta itu tidak begitu sulit. Karena dia (Jakarta) punya uang (melimpah) gitu ya," kata Risma saat ditemudi di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Selasa (30/7/2019).

Baca juga: Ini Kata Risma soal Anggaran Pengelolaan Sampah DKI Jakarta Rp 3,7 T

Justru daerah-daerah lain di luar Jakarta yang dinilai Risma akan kesulitan menangani persoalan sampah karena terbatasnya jumlah anggaran.

Menunggu 20 tahun

Seperti di Surabaya, misalnya, Risma mengaku bahwa untuk membuat Surabaya terbebas dari masalah sampah harus menunggu selama 20 tahun.

Sebelum Risma menjabat sebagai wali kota, Kota Surabaya memang dikenal kotor dan dipenuhi polusi. Namun, permasalahan sampah lambat laun bisa diatasi karena dikelola dengan baik.

"Surabaya kenapa harus (menunggu) 20 tahun (untuk mengatasi permasalahan sampah)? Karena keuangan kami terbatas. Kalau Jakarta ada uang," ujar Risma.

Baca juga: Tanggapan Risma ketika Ditawari Maju di Pilkada DKI Jakarta 2022

Persoalan sampah itu, lanjut Risma, tinggal bagaimana cara me-manage atau mengatur pengelolaan sampah dengan baik saja, sehingga persoalan sampah bisa teratasi secepatnya.

"Jadi gini, memang kadang kita enggak sadar kalau sampah seolah-olah hanya sekedar dibuang saja, begitu kan," kata Risma.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X