Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Pembangunan Hotel di Kawasan Danau Toba Tidak Merusak Lingkungan

Kompas.com - 30/07/2019, 16:42 WIB
Rachmawati

Editor

TOBA SAMOSIR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta ada kajian khusus sebelum membangun hotel di kawasan Danau Toba. Kajian perlu dilakukan agar tidak merusak lingkungan.

Hal ini dijelaskan oleh Presiden Joko Widodo saat mengunjungi destinasi wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara pada Selasa (30/7/2019).

Menurut Presiden Jokowi pmbangunan hotel berbintang empat atau lima akan berdampak positif bagi kesejahteraan petani lokal di sekitar Danau Toba.

Baca juga: Ada Plaza Jokowi di Taman Hutan Rakyat Kalimantan Selatan

"Kalau banyak hotel berbintang disini, pasti nanti sayur masuk hotel, buah masuk hotel, singkong masuk hotel, kentang masuk hotel dan lapangan kerja juga pasti terbuka," kata Presiden Jokowi..

Dengan begitu masyarakat sekitar tidak perlu khawatir, karena penyerapan hasil tani dari petani lokal akan semakin meningkat.

Menurutnya, selain pengembangan alam dengan tidak membangun fasilitas fisik secara permanen seperti konsep Nomadic Escape, pembangunan hotel berbintang kelas dunia juga harus dilakukan, guna memberi banyak pilihan bagi wisatawan untuk memilih tempat selama berlibur di kawasan Danau Toba.

Namun, perlu ada kajian sebelum pembangunan hotel agar tidak merusak lingkungan.

Baca juga: Jokowi dan Iriana Nikmati Glamour Camping di Kawasan Danau Toba

Sementara itu, selama mengunjungi The Kaldera Toba Nomadic Escape seluas 386 hektare Jokowi ditemani Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo berkeliling melihat potensi fasilitas wisata yang bisa dikembangkan di kawasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com