Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekat Kalimantan, Belitung Siap Jadi "Kuda Hitam" Calon Ibu Kota Negara

Kompas.com - 30/07/2019, 15:20 WIB
Heru Dahnur ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan kesiapan sebagai 'kuda hitam' calon lokasi ibu kota Negara.

Peluang menjadi ibu kota republik didukung posisi strategis Belitung yang berada antara Jawa dan Kalimantan, serta menghadap jalur perdagangan internasional, Selat Malaka.

"Kami diapit Jawa, Sumatera dan Kalimantan, tentunya memudahkan koordinasi. Masyarakatnya juga representasi NKRI karena beragam suku dan agama di sini hidup harmonis, dan tersedia lahan yang luas," kata Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, kepada Kompas.com saat dihubungi, Selasa (30/7/2019).

Baca juga: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Bagaimana Nasib DKI Jakarta?

Dia menuturkan, posisi strategis Belitung juga didukung kajian ilmiah jika Belitung jauh dari bencana gempa serta tidak memiliki ancaman vulkanologis.

"Dari segi kontur juga mendukung untuk dibangun dalam waktu cepat," ujar Isyak.

Meskipun nantinya tidak berperan sebagai ibu kota, Belitung juga dinyatakan siap untuk mengimbangi posisi Kalimantan jika ditetapkan sebagai ibu kota Negara.

Menurut Isyak, Belitung akan memaksimalkan potensi dalam bidang pariwisata karena sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta mendorong munculnya potensi ekonomi baru seiring perkembangan ibu kota di lokasi yang baru.

Baca juga: Ibu Kota Baru Indonesia, dari Proses hingga Pemilihan Kalimantan...

Sebagaimana diketahui, lokasi ibu kota baru mulai mengerucut pada wilayah Kalimantan.

Namun, pemerintah belum merinci provinsi mana yang bakal dipilih. Selain itu, hingga saat ini, belum ada penetapan resmi soal lokasi ibu kota Negara yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com