Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Siswa Pingsan akibat Kabut Asap Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut

Kompas.com - 30/07/2019, 11:59 WIB
Raja Umar,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MEULABOH, KOMPAS.com — Lima siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Aceh Barat,  yang berada di Desa Blang Balee, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, pingsan dan sesak napas akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan gambut.

"Dampak asap sudah dua hari terjadi, tapi hari semakin parah sehingga lima siswa pingsan dan sesak," kata Kepala MTsN 1 Aceh Barat Asmanidar, Selasa (30/7/2019).

Menurut Asmanidar, lima siswa yang pingsan dan sesak napas terjadi saat sedang berbaris di halaman sekolah sekitar pukul 07.30 WIB.

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Panderman, Rusak Habitat Elang Jawa hingga Sekat Titik Api

Saat itu kabut asap semakin tebal dan menyelimuti kawasan Kecamatan Samatiga.

"Tadi dua orang jatuh pingsan saat berbaris di halaman sekolah, kemudian setelah masuk ke dalam ruang tiga lainnya juga sesak napas,” ujar dia.

Setelah ditangani secara darurat oleh siswa lain dan dewan guru di sekolah, lima siswa kelas III, yaitu Cut Maulidar, Siti Nuzazilah, Lura, Rosa, dan Leo, dibawa ke Puskesmas Cot Siemureung, Kecamatan Samatiga, untuk mendapatkan penanganan medis.

"Seluruh siswa kelas III, satu di antaranya laki-laki,” ujar dia.

Baca juga: Kebakaran Lahan di Pekanbaru Meluas, Pemadaman Sulit Dilakukan

Sebagian siswa di MTsN 1 Aceh Barat itu menurut dia memiliki riwayat asma sehingga saat terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut setiap tahun kerap pingsan dan sesak napas.

"Ada beberapa siswa yang memang punya riwayat sesak napas sehingga saat ada kabut asap sering kumat, bahkan ada beberapa yang pingsan,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com