Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geledah Kompleks Pemkab Kudus, KPK Bawa Pulang Flashdisk dan Berkas-berkas

Kompas.com - 28/07/2019, 21:01 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Jessi Carina

Tim Redaksi

KUDUS, KOMPAS.com - Belasan petugas KPK melakukan penggeledahan selama berjam-jam di sejumlah ruangan di Kompleks Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019).

Tim Antirasuah yang dikawal ketat saat melakukan penggeledahan ini pulang dengan mengangkut puluhan kardus dan koper berisi barang bukti.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Bupati Kudus Hartopo yang menyaksikan jalannya penggeledahan.

"Pastinya ada yang dibawa atau disita di setiap ruangan untuk barangbukti. Seperti flashdisk dan berkas-berkas. Ada puluhan item. Saya dan beberapa ASN hanya menyaksikan," kata Hartopo.

Penggeledahan ini dilakukan oleh tim KPK untuk menindaklanjuti penetapan status tersangka untuk Bupati Kudus M Tamzil, staf khusus Bupati Kudus Agus Suranto dan Plt Sekretaris Dinas DPPKAD Kudus Akhmad Sofyan dalam kasus jual beli jabatan.

Baca juga: KPK Akan Pertimbangkan Ulang Ancaman Hukuman Mati dalam Kasus Korupsi Bupati Kudus

Kata Hartopo, sejumlah ruangan yang diperiksa oleh petugas KPK erat kaitannya dengan lelang jabatan di lingkungan Pemkab Kudus.

"Sejumlah ruangan diperiksa terutama yang kemarin lelang jabatan di eselon II. Baik di Dinas Pariwisata, Dispendukcapil, PUPR dan kepegawaian," ujarnya.

Adapun, petugas KPK yang mengenakan rompi dinas serta masker tersebut menginjakkan kaki di kompleks Setda Pemkab Kudus pada pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

Mereka yang datang dengan mengendarai beberapa mobil itu selanjutnya pulang pada sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Untuk diketahui, petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melanjutkan pemeriksaan di Kompleks Setda Pemkab Kudus, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019).

Baca juga: Berkaca Kasus Bupati Kudus, KPK Harap Parpol Tak Calonkan Eks Koruptor

Tim Antirasuah tersebut menggeledah sejumlah kantor yang berkaitan dengan penetapan Bupati Kudus, M Tamzil sebagai tersangka dalam kasus jual beli jabatan di Pemkab Kudus.

Belasan petugas KPK yang mengenakan rompi KPK dan masker di wajah terlihat mondar-mandir memasuki sejumlah ruangan dengan dikawal oleh petugas Polres Kudus.

Wakil Bupati Kudus Hartopo juga tampak mendampingi pemeriksaan petugas KPK.

Sejumlah kantor yang digeledah oleh KPK di antaranya ruang staf khusus bupati Kudus, ruangan sekda, ruang kerja bagian organisasi Setda Kudus, Dispendukcapil Kudus, dan BPPKAD Kudus.

Petugas KPK juga mengecek mobil Nissan Terrano milik Bupati Kudus M Tamzil yang terparkir di halaman parkir kompleks Setda Kudus.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com