Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan di Gunung Arjuno Terbakar, Pendaki Dievakuasi

Kompas.com - 28/07/2019, 18:56 WIB
Andi Hartik,
Jessi Carina

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Hutan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo atau lereng Gunung Arjuno terbakar, Minggu (28/7/2019). Hutan yang terbakar masuk wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, titik api terdeteksi sejak pukul 9.30 WIB.

"Dari laporan pemangku wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) bahwa terjadi kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Tim gabungan dari BPBD dan Tahura serta relawan sudah berangkat menuju titik api.

Baca juga: 100 Hari Hilang di Gunung Arjuno, Siswa SMK Surabaya Ditemukan Tinggal Tulang

"Saat ini tim 1 dari Jaguar Sumber Gondo 12 orang dan tim 2 dari Tahura serta porter Sumber Brantas 5 orang menuju titik api untuk melakukan penanganan kebakaran," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data di Pos Perijinan Pendakian Gunung Arjuno-Welirang di Desa Sumber Brantas, terdapat 64 orang yang sedang melakukan pendakian. Sebanyak 17 sudah berhasil dievakuasi, sedangkan 47 sisanya masih dalam proses.

"Jumlah pendaki yang sudah berhasil dievakuasi turun dan kembali ke rumah masing-masing sebanyak 17 orang dan 47 orang pendaki masih dalam proses evakuasi tim," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com