Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangdam Cenderawasih: Salam untuk Egianus Kogoya, Segera Gabung ke NKRI

Kompas.com - 27/07/2019, 16:39 WIB
Dhias Suwandi,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua P Sembiring meminta pemimpin Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kabupaten Nduga, Egianus Kogoya segera menyerahkan diri.

"Sampaikan sama dia, salam saya untuk Egianus Kogoya, segera bergabung ke NKRI," cetusnya kepada media, di Jayapura, Sabtu (27/07/2019).

Pasukan TNI yang ada di Nduga, terangnya, memiliki dua tugas pokok, yaitu penegakan hukum kepada kelompok bersenjata yang kerap melakukan penembakan dan mengawal pembangunan.

Baca juga: TNI Sebut Tewaskan Seorang KKB Anak Buah Egianus Kogoya dalam Baku Tembak di Nduga

Namun, TNI ia pastikan juga bisa melakukan langkah persuasif bila kelompok Egianus Kogoya memiliki iktikad baik untuk menyerahkan diri dan menyatakan siap bergabung dengan NKRI.

"Bahwa Egianus itu saudara kita semua hanya saja saat ini kita lagi tidak sepaham, untuk itu kita rangkul dan mengajak dia untuk kembali ke pangkuan ibu pertiwi," tuturnya.

Menurut dia, pergerakan OPM di Nduga masih akan terus berlanjut dan pasukan TNI akan selalu dalam posisi siaga.

Baca juga: Fakta di Balik Kontak Senjata Pasukan TNI di Nduga, Sita Ratusan Amunisi hingga Kelompok Separatis Terluka

Pembangunan Jalan Trans Papua di Nduga akan terus dilakukan karena hal tersebut sudah menjadi program strategis nasional yang harus berjalan.

"Namanya OPM pasti akan melakukan tindakan kekerasan selagi dia tidak ditangkap. Hari ini dia tenang, nanti saat kita lengah dia mulai lagi, dia kayak benang kusut," kata Sembiring.

Kompas TV Pratu Anumerta Usman Halembo yang gugur setelah diserang kelompok kriminal bersenjata di Kabupaten Nduga, Papua dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.<br /> <br /> Upacara berlangsung secara militer dan dipimpin langsung Pangdam 17 Cenderawasih/ Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring. Keluarga dan kerabat mengiringi pemakaman almarhum di Taman Makam Pahlawan Wamena. Jenazah sebelumnya sempat disemayamkan di markas yonif 754 timika pada minggu kemarin setelah berhasil di evakuasi dari Nduga.<br /> <br /> Pangdam 17 Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, mengatakan almarhum merupakan salah satu pahlawan pembangunan karena gugur saat menjalankan tugas mengamankan pembangunan Jalan Trans Papua di Nduga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com