Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Membaik, Buya Syafii Maarif Diperbolehkan Pulang

Kompas.com - 27/07/2019, 14:56 WIB
Wijaya Kusuma,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif kemungkinan diperbolehkan pulang hari ini atau besok. Hal ini disampaikan oleh dokter yang menangani Buya Syafii Maarif.

"Kondisi Buya sudah membaik. Hari ini atau besok bisa pulang," ujar P Yuri, dokter urologi yang menangani Buya Syafii Maarif, Sabtu (27/7/2019).

Yuri menjelaskan Buya Syafii Maarif mengeluhan kencing berdarah sehingga oleh dokter RS PKU Muhammadiyah, Gamping, diminta untuk opname guna mendapatkan penanganan.

Baca juga: Presiden Jokowi Kirimkan Dokter Kepresidenan, Pantau Kondisi Buya Syafii Maarif

Dari hasil pemeriksaan dokter, diketahui bahwa Buya Syafii Maarif mengalami iritasi batu ginjal.

"Disebabkan ada iritasi batu ginjal sebelah kanan," ungkapnya.

Buya Syafii Maarif juga telah menjalani treatmant ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy) atau pemecahan batu ginjal dengan gelombang kejut. Treatmant ESWL ini dilakukan pada Jumat (26/7/2019) malam.

Baca juga: Buya Syafii Dirawat di Rumah Sakit karena Alami Batu Ginjal

"Alhamdulillah setelah terapi ESWL, pagi ini (batu ginjal) sudah mulai keluar. Nanti kami akan membantu agar pecahan batu semuanya keluar," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif opname di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman. Buya opname sejak Selasa (22/7/2019).

Kompas TV Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau yang sering disapa Buya Syafii harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah gamping Sleman, Yogyakarta, dikarenakan mengalami gangguan pada saluran kemih.<br /> <br /> Buya Syafii Maarif dirawat inap sejak Selasa lalu, keterangan dari tim dokter yang merawat, kondisi Buya Syafii sampai saat ini normal dan bisa diajak berkomunikasi serta jalan jalan, namun karena keterbatasan alat. Menurut rencana Buya Syafii Maarif akan dibawa ke rumah sakit lain, prosedur perawatan merupakan non-operasi, sehingga nanti akan kembali ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com