Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Tangkuban Parahu Meletus, Turis Dilarang Dekati 2 Kawah Ini

Kompas.com - 26/07/2019, 18:27 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, meletus, Jumat (26/7/2019) sore. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gempa mengeluarkan sejumlah rekomendasi.

Pertama, masyarakat, pengunjung, atau wisatawan di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dilarang turun mendekati dasar kawah Ratu dan kawah Upas.

Pengunjung juga tidak boleh menginap di dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu.

Baca juga: Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

Sebelumnya, Gunung Tangkuban Parahu erupsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dalam siaran pers menyebutkan, tinggi kolom abu teramati lebih kurang 200 meter di atas puncak atau lebih kurang 2.284 meter di atas permukaan laut.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, kolom abu yang teramati di gunung ini berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 milimeter dan durasi lebih kurang 5 menit 30 detik. Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada status Level I (Normal)," ujar Kasbani.

Baca juga: Pasca-erupsi, Status Gunung Tangkuban Parahu Normal, Turis Dilarang Mendekat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com