Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pura-pura Beli Minum, 2 Warga Iran Diduga Mencuri Uang Rp 12 Juta

Kompas.com - 26/07/2019, 12:37 WIB
Amran Amir,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

TANA TORAJA, KOMPAS.com - Tim Resmob Polres Tana Toraja menangkap 2 warga asal Iran yang diduga sebagai pelaku pencurian di Toko Satu Tujuh, Jalan Nusantara Nomor 72 Kelurahan Bombongan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja.

Keduanya yaitu, RSH Bin FTH (33) dan BZD Bin MZR (42). Mereka ditangkap pada Kamis (25/7/2019) sore.

Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P Sirait mengatakan, bahwa pada 21 Juli 2019, anggota Tim Resmob menerima laporan adanya pencurian uang tunai sebanyak Rp 12 Juta.

Tim kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengumpulkan keterangan dari beberapa saksi yang ada di TKP.

“Dari hasil penyelidikan, pelaku diketahui berada di Kota Makassar. Tim Resmob Polres Tana Toraja berkoordinasi dengan Tim Khusus Polda Sulsel melakukan penangkapan keduanya yang saat ini diamankan di Mapolres Tana Toraja untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Julianto, saat dikonfirmasi Jumat (26/7/2019).

Baca juga: 6 Fakta Proyek Underpass Kentungan Yogyakarta Ambles, WNA Australia Jadi Korban hingga Proyek Dihentikan Sementara

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Tana Toraja AKP Jon Paerunan mengatakan, kejadian bermula ketika dua warga Iran tersebut masuk ke dalam toko Satu Tujuh.

Keduanya berpura-pura dengan membeli minuman ringan. Namun, salah satu pelaku  mengalihkan perhatian dua orang karyawan yang bekerja di toko.

Kemudian, pelaku lainnya berbincang dengan pemilik toko. Pada saat itu, pelaku mengambil sejumlah uang yang berada di laci kasir.

Menurut Jon, pemilik toko merasakan ada hal yang aneh setelah kedua pelaku meninggalkan tokonya. Pemilik toko kemudian menyampaikan hal itu kepada karyawannya dan meminta segera memeriksa rekaman kamera pengawas (CCTV).

"Terlihat salah satu WNA asing mengambil sejumlah uang yang berada di dalam laci kasir toko tersebut. Atas kejadian ini korban kehilangan uang sebesar Rp12 juta,” ujar Jon.

Baca juga: Cerita Dua WNA Asal Selandia Baru Terdampar di Pantai Polewali Mandar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com