Tali Sandal Bupati Kendal sampai Putus Saat Temui Demo Buruh

Kompas.com - 25/07/2019, 17:18 WIB
Bupati Kendal, Mirna Anissa, saat menemui buruh yang demo. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN SLAMET PRIYATINBupati Kendal, Mirna Anissa, saat menemui buruh yang demo. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN

KENDAL, KOMPAS.com - Tali sandal Bupati Kendal Jawa Tengah, Mirna Anissa, putus saat menemui ratusan buruh pabrik PT Tossa Glass yang melakukan aksi demo di depan kantornya di Kaliwungu, Kendal, Kamis (25/7/2019).

“Waduh, sandal jepit saya jebot,” kata Mirna secara spontan saat tali sandalnya putus.

Secepat kilat, ajudan Mirna langsung mengambil sandal jepit yang lain ke dalam mobil dinas hitam berplat H 1 D.

Setelah mengganti sandalnya, Mirna, langsung berjalan mendekat ke arah kerumunan buruh yang jumlahnya ratusan.

Buruh pun langsung menyambutnya dengan teriakan kegembiraan.

“Tadi saya bersama perwakilan kalian sudah melakukan pertemuan dengan direktur PT Tossa Shakti, Bapak Gunawan,” ujar Mirna.

Hasil dari pertemuan itu, menurut Mirna, disepakati untuk gaji bulan Mei, karyawan akan diberikan maksimal pada bulan ini.

Sedangkan, untuk kekurangan tunjangan ahri raya 2018, akan dibayarkan pada Agustus. Kemudian, kekurangan THR pada 2019, akan diberikan pada September 2019.

“Syaratnya, karyawan yang dirumahkan menandatangani surat pemutusan hubungan kerja (PHK). Uang pesangon PHK akan diberikan secara penuh pada bulan Oktober,” kata Mirna.

Mendengar ucapan bupati Mirna Anissa, sebagian buruh langsung meloncat bahagia. Ada juga yang berteriak mengucapkan takbir.

Salah satu perwakilan buruh, Budi (38) mengatakan, ada sekitar 940 buruh PT Tossa Shakti yang dirumahkan. Buruh melakukan aksi demo, sejak Selasa kemarin.

Para buruh menuntut supaya gaji mereka pada Mei dan Juni segera dibayar. Selain itu, juga kekurangan uang THR pada 2018 dan 2019.

Sebelum melakukan pembicaraan dengan direktur PT Tossa Shakti, Mirna sudah menemui perwakilan buruh yang melakukan aksi demo.

Mirna meminta supaya buruh tertib dan berdoa agar pertemuannya dengan pimpinan perusahaan bisa membuahkan hasil yang maksimal.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X