Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghitamnya Pantai di Utara Karawang hingga Penanganannya

Kompas.com - 25/07/2019, 10:09 WIB
Farida Farhan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Sedikitnya lima pantai di utara Karawang, menghitam lantaran terdampak tumpahan minyak (oil spill) Pertamina.

Lima pantai itu yakni Pantai Tanjunpakis, Pantai Sedari, Pantai Pisangan, Pantai Pelangi, dan Pantai Samudra Baru.

Tumpahan minyak tersebut terdampar di pasir pantai mulai dari Tanjungpakis Kecamatan Pakisjaya hingga Sungaibuntu Kecamatan Pedes. Jika terkena panas, tumpahan minyak tersebut meleleh.

Pemerintah Kabupaten Karawang memutuskan menutup sementara tempat-tempat wisata pantai karena air laut tercemar kandungan minyak yang dikhatirkan mengancam kesehatan warga.

Baca juga: Tumpahan Minyak Cemari Pantai Karawang, Petani Tambak Khawatir Ikan Mabuk

 

"Jadi, kalau ada wisatawan berenang di situ (pantai), khawatir gatal-gatal," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, usai meninjau lokasi terdampak kebocoran minyak, Rabu (24/7/2019).

Wisata pantai itu, akan dibuka kembali jika sudah dipastihkan bersih dari paparan tumpahan minyak Pertamina.

Tujuh desa terdampak

Nelayan di Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang pulang melaut, Rabu (24/07/2019). Kebocoran minyak pada anjungan lepas pantai YYA-1 di area PHE ONWJ berdampak pada  turunnya hasil tangkapan nelayan.FARIDA Nelayan di Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang pulang melaut, Rabu (24/07/2019). Kebocoran minyak pada anjungan lepas pantai YYA-1 di area PHE ONWJ berdampak pada turunnya hasil tangkapan nelayan.

Sedikitnya tujuh desa di lima kecamatan di Karawang terdampak limbah minyak mentah, yakni Desa Pakis Kecamatan Pakisjaya, Desa Sedari Kecamatan Cibuaya, Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya, Desa Tampaksari Kecamatan Tirtajaya, Desa Tambaksumur Kecamatan Tirtajaya, Desa Sungaibuntu Kecamatan Pedes, dan Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cipantai.

Desa-desa tersebut berada di sepanjang pesisir utara Karawang. Bahkan, di Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya terdapat empat dusun yang terdampak, yakni Dusun Cemara 1 Utara, Dusun Cemara II, Dusun Mekarjati, dan Dusun Pisangan.

"Kurang lebih sepanjang tujuh kilometer garis pantai di wilayah kami yang terdampak," kata Kepala Desa Cemarajaya, Yong Lim Supardi.

Warga di desa ini terdampak cukup parah lantaran banyak rumah warga yang terletak persis di bibir pantai. Beberapa tahun belakang ini, desa ini juga tengah dalam bayang-bayang abrasi.

Mengkhawatirkan kesehatan warga

Bupati Karawang Cellica Nurrachadia mengaku khawatirb dengan kesehatan warga yang terdampak.

Baca juga: Tumpahan Minyak Pertamina di Laut Karawang Sebabkan Tangkapan Nelayan Turun

 

Sehingga, ia meminta Pertamina menyediakan air bersih dan posko kesehatan bagi warganya yang terdampak. Cellica pun mengaku siap membantu dengan menyiagakan petugas medis.

Cellica juga menyebut ikan berpotensi terpapar, sehingga nelayan dan petambak dirugikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com