Diduga akibat Puntung Rokok, Hutan Pinus di Tana Toraja Terbakar

Kompas.com - 25/07/2019, 10:08 WIB
Hutan Pinus seluas 3 Hektare di perbatasan Dusun Tonglo, Lembang Tapparan Utara, Kecamatan Rantetayo dengan Lembang Batu Tiakka, Kecamatan Saluputti, Tana Toraja terbakar, petugas Danramil, BPBD dan Pemadam Kebakaran melakukan upaya pemadaman api, Rabu (24/07/2019) MUH. AMRAN AMIR S. HUTHutan Pinus seluas 3 Hektare di perbatasan Dusun Tonglo, Lembang Tapparan Utara, Kecamatan Rantetayo dengan Lembang Batu Tiakka, Kecamatan Saluputti, Tana Toraja terbakar, petugas Danramil, BPBD dan Pemadam Kebakaran melakukan upaya pemadaman api, Rabu (24/07/2019)

TANA TORAJA, KOMPAS.com  – Kebakaran hutan pinus seluas 3 hektare terjadi di perbatasan Dusun Tonglo, Lembang Tapparan Utara, Kecamatan Rantetayo dengan Lembang Batu Tiakka, Kecamatan Saluputti, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Rabu (24/7/2019) sore.

Menurut keterangan saksi, Alfin (23), api diduga akibat puntung rokok warga yang dibuang saat melintas di Lokasi tersebut.

Puntung rokok diduga membakar semak belukar yang berada di pinggir jalan. Namun, karena kencangnya tiupan angin membuat pepohonan pinus terbakar.

Baca juga: Polisi Amankan Lilin dan Abu Kebakaran Rumah yang Tewaskan 4 Bocah

"Api dengan cepat merambat ke pohon akibat tiupan angin, hingga hutan pinus ini yang diperkirakan 3 hektare mengalami kebakaran,” kata Alfin saat dikonfirmasi, Rabu.

Komandan Koramil Saluputti Peltu Cornelius Lolo mengatakan, personelnya telah melakukan upaya pemadaman di lokasi tersebut. Pemadaman juga dibantu warga.

Api kemudian bisa dipadamkan pada Rabu sore, waktu setempat.

“Personel kami membantu melakukan pemadaman api, bersama BPBD Tana Toraja dan masyarakat. Api berhasil dipadamkan pukul 16.00 Wita. Kerugian materil akibat kejadian ini yakni hutan pinus seluas 3 hektare ludes terbakar,” ucap Cornelius.

Dalam kejadian ini personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja, dan 3 unit armada pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api.

Baca juga: Ini Fakta Baru Kebakaran Hutan Gunung Panderman, Kembali Terbakar hingga Rusak Habitat Elang Jawa

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X