Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri: Pertemuan Prabowo-Megawati Sangat Menyejukkan untuk Turunkan Tensi Politik

Kompas.com - 25/07/2019, 09:50 WIB
Perdana Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

 

PADANG, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan pertemuan antara Megawati Soekarno Putri dengan Prabowo Subianto merupakan pertemuan yang menyejukkan bagi dunia politik dan bangsa Indonesia.

"Pertemuan itu merupakan pertemuan dua sahabat yang pernah bersama dan sampai sekarang masih bersama. Ini sangat menyejukkan sekali," kata Tjahjo, di Padang, Kamis (25/7/2019).

Tjahjo ke Padang dalam rangka membuka kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PPK Nasional 2019 di Padang.

Baca juga: Mendagri: Saya Tak Pernah Melarang Kepala Daerah ke Luar Negeri

Tjahjo mengatakan, Prabowo dan Megawati merupakan dua orang yang bersahabat. Persahabatan itu tetap terjalin kendati ada hari-hari berbeda pendapat karena beda pilihan politik.

"Pak Prabowo dan Bu Mega bersahabat. Saya tahu Pak Prabowo sangat menghormati dan menghargai Bu Mega sehingga ini sangat menyejukkan sekali," ujar dia.

Tjahjo menyebutkan dengan pertemuan tokoh-tokoh nasional itu diharapkan tensi politik menurun dan menghilangkan spekulasi negatif.

"Sebelumnya sudah ada pertemuan Pak Jokowi dengan Pak Prabowo dan sekarang berlanjut dengan Bu Mega dengan Pak Prabowo. Ini sangat bagus bagi kemajuan bangsa Indonesia," kata dia.

Tjahjo mengatakan, pertemuan tokoh-tokoh nasional membuktikan mereka memiliki rasa kebersamaan dalam membangun bangsa Indonesia ini.

Sebelumnya diberitakan, pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri pada Rabu (24/7/2019) dihiasi senyum dan tawa.

Prabowo tiba di kediaman Megawati Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 12.30 WIB. Ia didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPP Partai Gerindra Edhy Prabowo.

Baca juga: Nasi Goreng Pemersatu Megawati-Prabowo dan Kerja Sama Politik Gerindra-Pemerintah...

Setelah turun dari mobilnya, Prabowo disambut oleh politikus PDI-P yang juga anak dari Megawati, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Setelah bersalaman dengan Puan, Prabowo menghampiri Megawati yang sudah menunggu di depan pintu kediaman.

Keduanya berbincang sebentar kemudian menyapa awak media yang meliput momen tersebut.

Senyum dan tawa tampak tidak lepas dari wajah seluruh orang di dalam pertemuan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com