Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Ibu Muda Melahirkan di Atas Perahu Saat Terjadi Kebakaran di Jambi

Kompas.com - 24/07/2019, 11:01 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Musibah kebakaran yang terjadi di permukiman padat penduduk di Kelurahan Nipah Panjang Satu, Kecamatan Nipah, Jambi, Selasa (23/7/2019), setidaknya menghanguskan 10 rumah warga.

Susutnya air sungai di sekitar lokasi juga menjadi kendala petugas pemadam kebakaran untuk mengendalikan si jago merah.

Namun, disaat suasana hiru pikuk warga sedang memadamkan si jago merah yang terus membesar dan membakar rumah warga.

Baca juga: Sungai Surut, Petugas Sulit Padamkan Api yang Hanguskan 10 Rumah di Jambi

Nia (19), seorang ibu muda melahirkan seorang bayi berjenis kelamin laki-laki dengan dibantu seorang dukun kampung tepat di atas pompong perahu kecil saat hendak dievakuasi.

Sejatinya Nia hendak dievakuasi warga ke lokasi yang lebih aman mengingat dalam keadaan mengandung usia tua.

Namun, ibu muda tersebut merasakan nyeri pada bagian perut. Melihat keadaan tersebut, warga langsung meletakan ibu muda itu di sebuah pompong serta memanggil seorang dukun kampung.

Sugianto warga sekitar yang berada di lokasi saat proses persalinan darurat mengatakan, proses persalinan yang berjalan dramatis dan haru tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.

Baca juga: Viral Seorang Ibu Melahirkan di Dalam Go-Car, Begini Cerita Sopir

Saat itu kondisi api dalam keadaan besar dan suasana riuh warga yang berusaha memadamkan api.

"Tidak tahu pasti juga dari rumah mana Ibu itu, yang jelas saat dievakuasi ibu tadi langsung kontraksi dan tidak ada pilihan selain persalinan darurat di kapal. Dibantu dengan dukun beranak di kampung," ujarnya.

Dikatakannya, ibu muda tersebut bernama Nia, (19) merupakan warga Nipah Panjang alamat Lorong Nelayan no 1 Kelurahan Nipah Panjang Satu, Kecamatan Nipah Panjang, Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Dari persalinan tersebut, ibu muda tersebut melahirkan seorang anak laki-laki dengan berat badan 3 kilogram, dan lahir dalam kondisi selamat.

Baca juga: Ibu Ini Ikut Ujian Sekolah 30 Menit Setelah Melahirkan

Sementara itu, setelah melahirkan sang putra ibu muda tersebut langsung mendapatkan pertolongan lebih lanjut dari pihak terkait.

Sementara itu, Nia ketika dikonfirmasi menuturkan, saat kejadian kebakaran, perutnya mulai terasa sakit saat proses evakuasi dilakukan dan langsung menuju pompong yang merupakan lokasi terdekat.

"Ya ketika berada di kepompong itu sudah terasa sangat sakit, dan tidak tahan akhirnya lahir di pompong," ujarnya dengan kondisi sedikit lemas.

Artikel ini telah tayang di TribunJambi.com dengan judul Dramatis, Ibu Muda Melahirkan Bayi di Atas Perahu Saat Kebakaran di Nipah Panjang, Tanjabtim, Jambi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com