Sempat Padam, Gunung Panderman Kembali Terbakar Bahkan Meluas

Kompas.com - 23/07/2019, 22:56 WIB
Kepulan asap akibat kebakaran hutan membumbung di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, Senin (22/7/2019)KOMPAS.com/ANDI HARTIK Kepulan asap akibat kebakaran hutan membumbung di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, Senin (22/7/2019)

MALANG, KOMPAS.com - Sempat padam, api di hutan lindung Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, kembali menyala, Selasa (23/7/2019) malam. Api terus merembet hingga memasuki kawasan hutan di petak 213.

Sebelumnya, kebakaran hutan hanya melanda kawasan di petak 227. Luas kawasan yang terbakar menjadi 70 hektare atau bertambah 10 hektare dari hari sebelumnya yang masih 60 hektare.

"Kondisi sampai dengan pukul 15.00 WIB, sisi utara api kembali terbakar, selatan api merambat ke bawah atau ke Tebing Wajikan. Luasan terbakar 70 hektare dan sudah merambat hingga petak 213," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Hari Ketiga, Kebakaran Gunung Panderman Tersisa Satu Titik


Sebelumnya, Rochim mengatakan, sebagian besar api sudah berhasil dipadamkan. Api yang menyala tersisa satu titik di daerah Bon Tutup atau sisi timur lereng Panderman.

Namun memang, saat itu hanya nyala api yang bisa dipadamkan. Sementara baranya masih ada yang menyala.

Proses pemadaman akan fokus pada penyekatan untuk melokalisir api agar tidak menjalar. Tim gabungan yang diterjunkan ke lokasi akan dibekali dengan cangkul dan celurit.

"Fokus penanganan bukan pemadaman api, namun pembuatan sekat di Curah Parang secara vertikal sejauh kurang lebih 600 meter dengan lebar 5 meter dengan tujuan kebakaran tidak semakin luas," katanya.

Baca juga: 6 Fakta Baru Kebakaran Hutan Gunung Panderman, 60 Hektar Dilalap Api hingga Semua Pendaki Selamat

Tim gabungan yang terlibat akan dibagi dalam dua kelompok. Masing-masing kelompok akan didampingi oleh petugas PMI.

Diketahui, hutan di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur terbakar sejak Minggu (21/7/2019). Gunung yang memiliki ketinggian 2.045 mdpl itu berada di sisi barat Kota Batu yang menyimpan banyak destinasi wisata.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X