Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakim Tak Kunjung Datang, Nella Kharisma Batal Bersaksi di Sidang Kosmetik Ilegal

Kompas.com - 23/07/2019, 17:48 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pedangdut Nella Kharisma batal menjadi saksi sidang kasus kosmetik ilegal di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (23/7/2019).

Pasalnya, hakim yang mengadili belum juga muncul untuk memimpin sidang. Nella pun bergeser ke tempat lain untuk keperluan syuting.

Winarko, jaksa penuntut umum yang menghadirkan pelantun lagu "Jaran Goyang" itu menyebut, Nella sebenarnya sudah hadir di Pengadilan Negeri Surabaya sebelum pukul 09.00 WIB, namun karena hakim belum datang, dia izin mendatangi lokasi syuting di sekitar Sidoarjo.

"Jadwal syutingnya jam 12 siang. Tadi yang bersangkutan izin," kata Winarko.

Baca juga: Kasus Kosmetik Ilegal, Jaksa Hadirkan Via Vallen Jadi Saksi di Persidangan

Sementara hakim yang menyidangkan, kata Winarko, sedang sibuk mengikuti sidang di Pengadilan Tipikor, akhirnya agenda sidang pun ditunda pekan depan.

"Padahal sudah saya info kemarin," terangnya.

Selain menghadirkan Nella Kharisma, pihaknya juga akan menghadirkan pedangdut Via Vallen untuk bersaksi di pengadilan.

"Kalau Via Vallen konfirmasi tanggal 29 Juli," ujarnya.

Kesaksian kedua artis dangdut itu, kata Winarko, diperlukan di persidangan karena keduanya pernah menjadi bintang iklan media sosial oleh Karina Indah Lestari selaku terdakwa dalam perkara ini.

"Kesaksian Via Vallen dan Nella Kharisma juga untuk membuktikan unsur pidana yang kami susun dalam dakwaan," terang Winarko.

Dalam perkara ini, Jaksa Penuntut Umum sebelumnya mendakwa Karina Indah Lestari dengan pasal 197 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Desember 2018, polisi membongkar usaha ilegal milik terdakwa yang merupakan pengusaha produk kecantikan yang produknya tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain produk kecantikan seperi krim, cairan pembersih wajah, bedak, serum dan masker, pelaku juga memproduksi obat-obatan untuk kecantikan.

Baca juga: Pemilik Rumah Kosmetik Ilegal Senilai Rp 1 Miliar Ditetapkan sebagai Tersangka

Produk kosmetik yang dijual pelaku berasal dari bahan-bahan produk kosmetik merek terkenal, seperti, Marcks Beauty Powder, Mustika Ratu, Viva Lotion, Sabun Papaya, Vasseline, ataupun Sriti.

Untuk memasarkan produknya, terdakwa menyewa sejumlah artis dan selegram ternama, yang akun media sosialnya memiliki jutaan pengikut, termasuk Via Vallen dan Nella Kharisma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com