Hari Ini, Bayi Kembar Siam Adam dan Malik Jalani Operasi Berbiaya Rp 700 Juta

Kompas.com - 23/07/2019, 05:28 WIB
Tim dokter RSUPHAM Medan menjelaskan operasi pemisahan yang akan dijalani bayi kembar siam Adam dan Malik pada Selasa (23/7/2019) MEI LEANDHA ROSYANTITim dokter RSUPHAM Medan menjelaskan operasi pemisahan yang akan dijalani bayi kembar siam Adam dan Malik pada Selasa (23/7/2019)

 

MEDAN, KOMPAS.com - Bayi kembar siam berumur tujuh bulan, Adam dan Malik akan menjalani operasi pemisahan pada Selasa (23/7/2019).

Hasil pemeriksaan tim dokter diketahui bagian hati keduanya menyatu dan ada pembuluh darah yang menyeberang. 

Meski begitu, sekretaris tim penanganan bayi kembar siam Adam dan Malik, dr Rizky Adriansyah memastikan keduanya dalam kondisinya sangat baik dan sehat.

Rizky menuturkan, kondisi bayi kembar dengan panjang badan 65 sentimeter dan berat 17 kilogram ini lebih baik dari kondisi bayi kembar siam Sahira dan Fahira, yang pernah ditangani Rumah Sakit Umum Pemerintah Haji Adam Malik (RSUPHAM) Medan sebelumnya.

Adam dan Malik juga mengalami dempet di bagian perut namun masing-masing punya hati yang lengkap. 

Baca juga: Kisah Bayi Kembar Siam Adam dan Malik, Tunggu Operasi dan Biaya Popok Hasil Urunan Perawat

" Operasi akan dimulai oleh dokter bedah plastik, setelah itu bedah anak, bedah thorax dan bedah lainnya untuk memastikan organ dalamnya apakah ada kelainan. Ditutup dengan dokter bedah plastik,” timpal dokter bedah plastik dr Utama Abdi Tarigan, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, tim dokter terus melakukan analisis untuk menentukan keberhasilan operasi.

Salah satunya dengan menunggu sampai bayi berusia tujuh bulan baru menjalani operasi.

Sebab, semakin bertambah usia maka semakin matang organ-organ tubuhnya. Begitu juga dengan pembuluh darah yang menyeberang, perlu pertimbangan matang. 

Diperkirakan operasi akan memakan waktu minimal empat sampai lima jam. Tim terdiri dari dokter anak, dokter ICU, bedah plastik, digestif, anestesi, radiologi, patologi klinik, dan dokter-dokter penunjang lainnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X