Temukan Burung Langka Rangkong Julang Emas Sekarat di Hutan, Warga Lapor Polisi

Kompas.com - 22/07/2019, 22:00 WIB
burung rangkong burung rangkongburung rangkong

KOMPAS.com - Seekor burung rangkong julang emas (Aceros undulatus) ditemukan dalam kondisi sekarat di tengah Hutan Talun, Pekalongan, oleh seorang warga bernama Rohmat (50), Sabtu (20/7/2019).

Dilansir dari Tribunnews, dalam perjalanan pulang usai panen cengkeh di tengah hutan, Rohmat melihat seekor burung sebesar ayam jago tergeletak di tengah hutan dalam kondisi lumpuh.

"Penemuan burung julang emas itu pada hari Sabtu, 20 Juli, saat Rohmat pulang dari hutan. Dalam perjalanan ia melihat burung tersebut tergeletak tak berdaya di tengah hutan. Akhirnya burung tersebut dibawa pulang ke rumahnya," kata Rismanto, saudara Rohmat, pada hari Senin (22/7/19).

Baca juga: BERITA POPULER NUSANTARA: Kasus Pembantaian Burung Rangkong hingga Prabowo Ancam Mundur, jika...

Saat melihat kondisi burung langka itu, Rismanto pun segera memanggil anaknya, Arif Budiman, untuk melapor ke polisi.

"Siang tadi baru laporan ke Polsek Kedungwuni. Sesampainya di rumah dan melihat keadaan burung tersebut, petugas kepolisian langsung menghubungi ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah," kata Rismanto di rumahnya di RT 3 RW 12, Desa Kranji, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.

Menurutnya, burung langka tersebut rencananya akan diambil BKSDA pada Kamis (25/7/19). Sementara itu, pihak kepolisian mengapresiasi inisiatif Rismanto dan keluarganya untuk melaporkan penemuan burung yang dilindungi tersebut.

"Burung langka yang ditemukan adalah burung julang emas. Kemudian kami langsung menghubungi BKSDA Jawa Tengah," ujar Kapolsek Kedungwuni AKP Prisandi Tiar.

Baca juga: Viral soal Pria Menembak Burung Rangkong, Ini Tanggapan KLHK

Kepala Resort Konservasi BKSDA Jawa Tengah wilayah Pemalang, Slamet Mahlul, membenarkan, pihaknya telah mendapat laporan tersebut.

"Burung itu adalah burung yang dilindungi. Kami mengapresiasi masyarakat yang akan menyerahkan hewan langka tersebut," katanya.

Slamet menjelaskan, pihaknya akan secepat mungkin untuk mengevakuasi burung rangkong julang emas yang ditemukan Rohmat.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul: BREAKING NEWS : Warga Pekalongan Temukan Burung Langka Rangkong Julang Emas Tak Berdaya di Hutan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X