Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wagub Uu: Kesehatan Jadi Kunci Sukses Pembangunan

Kompas.com - 22/07/2019, 19:36 WIB
Mikhael Gewati

Editor

KOMPAS.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kesehatan adalah faktor dominan dalam menyukseskan program pembangunan pemerintah.

“Jadi sehebat apapun program pemerintah kalau derajat kesehatan masyarakatnya tidak bagus atau tidak meningkat dari tahun ke tahun, kemungkinan besar program pembangunan baik tingkat nasional atau Provinsi Jawa Barat tidak akan sukses,” kata Uu Ruzhanul dalam keterangan tertulisnya.

Ia sendiri mengatakan itu saat menghadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pelayanan Medik Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Sartika Asih Bandung, Kota Bandung, Senin (22/7/2019).

Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat, Uu mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian Daerah Jawa Barat yang telah berupaya membantu pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Baca jugaDongkrak Pariwisata Jabar, Wagub Uu Dukung Maraton di Alam Terbuka

“Tugas kami Pemdaprov Jabar terbantu oleh dibangunnya beberapa instalasi kesehatan atau sarana prasarana (kesehatan) di Jabar. Karena jumlah yang sakit di Jawa Barat tidak sebanding dengan jumlah perawatan, jumlah tempar tidur, dan juga rumah sakit,” ucap Uu.

Oleh karena itu, kata dia, dengan ditambahnya sarana dan pra-sarana dari rumah sakit ini meringankan beban Pemdaprov Jabar.

Berdasarkan data Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan RI Tahun 2015-2019, Rasio Tempat Tidur (TT) rumah sakit di Indonesia dengan jumlah penduduk masih belum ideal.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), rasio ideal daya tampung RS adalah 1.000 penduduk banding 1 tempat tidur.

Baca jugaPemprov Jabar Anggarkan Rp 240 M untuk Bangun 'Underpass' dan 'Fly over' di Depok

Dengan jumlah penduduk Indonesia lebih dari 260 juta orang, hanya ada 245.340 tempat tidur. Jadi, ada kekurangan sekira 20.000 tempat tidur.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol. Rudy Sufahriadi berharap pembangunan fasilitas pelayanan medik di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kami hadir di Jabar ini harus berguna bagi masyarakat, salah satunya adalah memberikan pelayanan kesehatan,” katanya.

RS Bhayangkara Sartika Asih adalah salah satu rumah sakit di bawah kepolisian yang terbaik dan menjadi rujukan dalam berbagai tindakan.

Baca jugaPemprov Jabar Siapkan Rp 50 Miliar untuk Beasiswa S1 hingga S3, Ini Cara Daftarnya

Jika melihat sejarahnya sejak didirikan pada 1957 sebagai klinik bersalin sampai sekarang menjadi RS Tipe B, terlihat perkembangan yang signifikan baik itu dari sisi infrastruktur maupun dari sisi layanan.

Pada kesempatan yang sama, Uu dan Rudy juga secara simbolis melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan ruang pelayanan khusus, gedung sarana olahraga, dan rehabilitasi gedung assesment center Mapolda Jawa Barat di Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com