Diduga Korsleting Listrik, 13 Rumah Terbakar

Kompas.com - 22/07/2019, 17:05 WIB
Kebakaran yang menghanguskan 13 rumah di Desa Pasungkan, Hulu Sungai Selatan, Kalsel (22/7/2019).Dokumentasi BPBD Hulu Sungai Selatan Kebakaran yang menghanguskan 13 rumah di Desa Pasungkan, Hulu Sungai Selatan, Kalsel (22/7/2019).

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Sebanyak 13 rumah di Desa Pasungkan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, ludes dilalap api, Senin (22/7/2019) siang.

Diduga kebakaran terjadi disebabkan hubungan arus pendek listrik.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Selatan, tiba di lokasi melakukan upaya pemadaman bersama petugas pamadam kebakaran. 

"Ada 13 KK yang terdampak, dengan jumlah jiwa 38 orang yang kehilangan tempat tinggal," ujar Kepala Pelaksana BPBD Hulu Sungai Selatan Efran, Senin Sore.


Baca juga: 15 Perahu Terbakar, Diduga Karena Hubungan Arus Pendek

Api pertama kali terlihat dari salah rumah warga yang kosong ditinggal penghuninya bekerja di kebun.

Warga yang melihat kepulan api yang sudah membesar berusaha memadamkan api dengan seadanya.

Kencangnya tiupan angin ditambah material bangunan yang terbuat dari kayu, membuat api sangat cepat merembes kebangunan yang ada di sebelahnya. Api baru bisa dipadamkan sejam kemudian.

"Untuk penyebab kebakaran kini ditangani pihak berwenang. Kami fokus untuk koordinasi dampak setelah bencana," ujar Efran.

Baca juga: Arus Pendek Listrik, 50 Toko di Pasar Sumbawa Hangus Terbakar

Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X