Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 7 Hari 4 ABK "Tugboat" yang Hilang Belum Ditemukan, Basarnas Hentikan Pencarian

Kompas.com - 22/07/2019, 09:09 WIB
Hendra Cipta,
Khairina

Tim Redaksi

KETAPANG, KOMPAS.com - Memasuki hari ketujuh, proses pencarian empat anak buah kapal (ABK) tugboat Mega 09 yang tenggelam di Perairan Pesaguan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, belum membuahkan hasil.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pontianak Hery Marantika mengatakan, tim pencarian gabungan telah sepakat proses pencarian diakhiri.

"Proses pencarian sudah memasuki batas maksimal prosedur yang berlaku, tim gabungan melakukan mediasi dan mufakat  untuk menghentikan pencarian hingga terdapat tanda keberadaan keempat ABK tersebut," kata Hery, Minggu (21/7/2019) petang.

Baca juga: Tugboat Tenggelam di Kalbar, 4 ABK Dilaporkan Hilang

Hery menjelaskan, selama 7 hari terakhir, proses pencarian terus dilakukan. Hari terakhir, pantauan tim gabungan menyasar tiga sektor.

Masing-masing sektor pencarian dilakukan dengan melakukan penyisiran permukaan hingga radius 168 NM².

Ketiga sektor itu melibatkan rigid inflatable boat (RIB) Pos SAR Ketapang, satu tugboat Mitra Jaya 18, dan 11 buah kapal nelayan.

"Akan tetapi, hingga Minggu petang belum menemukan petunjuk keberadaan keempat ABK tersebut," ujarnya.

Diberitakan, sebuah kapal tugboat dilaporkan tenggelam di perairan Pesaguan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Senin (15/7/2019) sekitar pukul 00.15 WIB.

Kapal tugboat yang diketahui bernama Mega 09 dengan muatan 9 orang anak buah kapal (ABK) itu tenggelam akibat dihantam gelombang.

Baca juga: Lima Hari Hilang , Tugboat Bersama Seorang ABK Ditemukan Selamat

Awal mula kejadian saat Basarnas menerima laporan dari Akhiang, pemilik kapal tugboat, pukul 10.45 WIB. Laporan itu menyebut, kapal mulai putus komunikasi sejak dini hari.

Saat itu juga, tim Basarnas diberangkatkan untuk pencarian dengan bekerja sama dengan pihak terkait di antaranya Polair, TNI AL, dan KSOP Batu Ampar.

Dalam pencarian pertama, sebanyak 5 orang korban telah berhasil diselamatkan dan kini tengah dibawa ke Rumah Sakit Agoes Djam Ketapang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com