Sabtu Siang, Gunung Karangetang Luncurkan Guguran Lava Sejauh 2.200 Meter

Kompas.com - 20/07/2019, 13:08 WIB
Gunung Karangetang tampak jelas mengeluarkan asap putih tebal di kawah utama dan bertekanan gas kuat lebih kurang 400 meter. Sedangkan kawah dua juga mengeluarkan asap putih sedang dengan tekanan gas sedang 150 meter Dokumen Pos Pengamatan Gunung Api KarangetangGunung Karangetang tampak jelas mengeluarkan asap putih tebal di kawah utama dan bertekanan gas kuat lebih kurang 400 meter. Sedangkan kawah dua juga mengeluarkan asap putih sedang dengan tekanan gas sedang 150 meter

MANADO, KOMPAS.com - Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, meluncurkan guguran lava dengan jarak luncuran sejauh 2.200 meter, Sabtu (20/7/2019).

Aktivitas luncuran guguran lava ini disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

PVMBG mencatat, guguran lava ini terjadi pada pukul 11.36 Wita.

Baca juga: Penyebab Magma Encer Keluar dari Gunung Karangetang

Luncuran lava mengarah ke Kali Batang, Batuawang dan Kahetang. Guguran lava di tandai dengan asap putih, dengan bunyi gemuruh luncuran terdengar kuat dari pos pengamatan.

"Jarak luncur lebih kurang 2.000 sampai 2.200 meter," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Karangetang, Yudia Prama Tatipang dalam keterangan, Sabtu siang.

PVMBG mencatat, suara gemuruh juga terdengar pada Jumat (19/7/2019). Suara gemuruh lemah sampai sedang sesekali terdengar.

Hingga saat ini, tingkat aktivitas Gunung Karangetang masih pada level III atau siaga.

Baca juga: Guguran Lava Gunung Karangetang Mengarah ke Kali Beha Timur, Bupati Sitaro Keluarkan Imbauan



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X