Data BPJS Kesehatan Salah, Ratusan Warga Datangi Kantor Desa Mejagong

Kompas.com - 19/07/2019, 16:59 WIB
Seorang petugas dari BPJS Kesehatan melayani warga Desa Mejagong, Randudongkal, Pemalang Jawa Tengah.ARI HIMAWAN SARONO Seorang petugas dari BPJS Kesehatan melayani warga Desa Mejagong, Randudongkal, Pemalang Jawa Tengah.

PEMALANG, KOMPAS.com  - Sekitar 150 lebih warga di Desa Mejagong, Kecamatan Randu Dongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, mendatangi kantor desa setempat.

Mereka ramai-ramai ingin merubah data baik memindah tempat fasilitas kesehatan (faskes) hingga pendaftaran baru.

Umumnya, warga merubah fasilitas kesehatan yang tertera di kartu BPJS kesehatan karena dianggap tidak valid.


Contohnya, tempat tinggal warga lebih dekat ke Puskesmas Randudongkal, namun tertulis Puskesmas Kalimas.

Baca juga: Mulai 1 Juli, BPJS Kesehatan Putus Kontrak dengan RSK Mata Masyarakat Makassar

“Tidak tahu yang salah pihak desa atau saat melakukan pencetakan, karena hampir semua kartu BPJS warga desa tertulis Puskesmas Kalimas, padahal fasilitas kesehatan lebih dekat ke Puskesmas Randudongkal,” kata Wasripah (52), warga Desa Mejagong, Jumat (19/7/2019).

Hal yang sama juga dirasakan Winarti (47), yang mendatangi pelayanan BPJS Kesehatan mobile yang ada di kantor desa untuk mengganti nama anaknya.

“Di kartu BPJS anak saya tertera nama Fazan, padahal nama anak saya Fauzan. Saya takut kalau kartu tidak bisa digunakan karena beda nama,” ungkap dia.

Sementara, perangkat Desa Mejagong, Son Haji menuturkan, karena pembuatan kartu BPJS Kesehatan dilakukan secara massal, kemungkinan data banyak yang salah.

“Yang mengurus kartu BPJS Kesehatan dari pemerintah daerah langsung, kami hanya memberikan data sesuai KTP. Mungkin karena dibuat secara massal dan bersamaan, jadi data sedikit salah,” imbuh dia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X