Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kelanjutan LRT, Pemkot Bogor Siap Datangkan Trem dari Belanda

Kompas.com - 19/07/2019, 15:25 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor segera mendatangkan trem atau kereta khusus dalam kota sebagai penunjang transportasi pembangunan light rail transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, trem tersebut merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Belanda. Jika kajian teknis dan administrasi berjalan lancar, tahun depan kereta dalam kota ini bakal hadir di Kota Bogor.

"Kalau semuanya berjalan lancar, tahun depan bisa dikirim dari Belanda," kata Dedie, Jumat (19/7/2019).

Baca juga: Mimpi Bogor Punya LRT Segera Terwujud

Dedie menuturkan, dengan masuknya LRT ke Kota Bogor, pemerintah daerah akan mengupayakan membuat lintasan trem yang melewati Kebun Raya Bogor.

Menurut Dedie, ada 24 gerbong yang siap dihibahkan Belanda kepada Pemkot Bogor.

"Jadi ini harus nyambung, LRT kemana, trem kemana. Nah ini harus segera direncanakan," ucap Dedie.

Baca juga: Terminal Baranangsiang Bogor Jadi Stasiun Akhir LRT Jabodebek

Ia menuturkan, selain murah, trem juga sangat cocok dipakai di jalanan Kota Bogor. Hal itu, berdasarkan rekomendasi salah satu perusahaan asal Perancis yang pernah berkunjung ke Balai Kota Bogor, beberapa waktu lalu.

Dedie mengatakan, ada delapan titik stasiun trem yang rencananya akan dibangun, yaitu di Suryakencana, Mall BTM, Paledang, Alun-alun Bogor, Sempur, Lippo Keboen Raya, Rumah Sakit PMI, dan Baranangsiang.

"Ini akan dikaji terus persiapannya," sebut Dedie.

Sebelumnya, Pemkot Bogor bersama Badan Pengelola Trasnportasi Jabodetabek (BPTJ) sepakat membangun stasiun akhir LRT Jabodebek di Terminal Baranangsiang.

Penetapan stasiun akhir kereta api ringan terintegrasi itu juga mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2017 tentang perubahan kedua atas Perpres Nomor 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan LRT Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com